, () – Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah Sekolah Dasar di Kabupaten Tuban bukan hanya kekurangan siswa, namun juga ada SD yang sama sekali tidak mendapatkan siswa baru.

Seperti yang terlihat di SD Negeri Kedungrejo II, Kecamatan Kerek ini, dari kelas I hingga VI, hanya terdapat 13 siswa. Kendati hanya puluhan anak yang mengenyam pendidikan di sekolah milik pemerintah tersebut, namun aktivitas belajar mengajar tetap dilaksanakan.

Pelaksana Harian (PLH) Kepala Sekolah SDN Kedungrejo II, Dina Endrian mengatakan, jika sejak empat tahun terakhir jumlah anak didik disekolahnya memprihatinkan. Bahkan di tahun 2023-2024 ini tidak mendapatkan siswa sama sekali.

“Dari tahun ke tahun pendaftar terus menurun. Tahun ini tidak ada siswa yang mendaftar,” ungkap Dina Endrian kepada Ronggo.id, Senin (17/7/2023).

Ia menyebut, bahwa letak SDN Kedungrejo II ini berada jauh dari perkampungan serta jauh dari sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) menjadi salah satu pemicu sekolahnya sepi peminat. Disisi lain banyak sekolah sederajat yang lebih mudah dijangkau.

Menyikap kondisi ini, pihaknya akan berkolaborasi dengan pemerintahan desa setempat untuk mengadakan sekolah TK dan PAUD.

“Setelah lulus nanti bisa langsung diarahkan masuk ke SDN II Kedungrejo,” ucapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap kepada pemerintah Kabupaten Tuban untuk membantu mendukung dalam pengadaan sarana prasarana sekolah, sebab sekarang ini sarana prasarana yang ada kurang memadai.

“Kedepan kami berharap, terutama kepada pemerintah Kabupaten Tuban tolong sarana prasarana sekolah diperhatikan lagi,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS