Bersedekah merupakan amalan yang paling mulia, dengan bersedekah kita akan meringankan beban orang lain.Bersedekah atau berbagi dengan sesama merupakan ladang amal yang bisa dilakukan kapan saja dan siapa saja, baik berupa harta, ilmu, atau hanya sekedar senyum. Seperti sadekah subuh yang dianjurkan oleh Syekh Ali Jabir ini,

Seperti yang diriwayatkan dalam H.R Tirmidzi bahwa “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” Dapat diartikan kelancaran rezeki tidak jauh dari seberapa rajinnya seseorang berbagi dan bersedekah kepada siapapun yang membutuhkan pertolongan.

Ada satu jenis sedekah yang memang dikhususkan untuk mengabulkan hajat dan pastinya tanpa harus mencari fakir miskin terlebih dahulu, hanya cukup menyediakan kotak amal di rumah, yaitu sedekah shubuh.

Sedekah shubuh merupakan sedekah di waktu shubuh selepas sholat shubuh. Sedekah shubuh termasuk sedekah yang terbaik karena pada waktu shubuh Allah SWT menurunkan malaikat untuk mendoakan orang yang berinfaq di shubuh hari.

Bersedekah pada dasarnya baik di setiap waktu, sedekah di hari Jumat ataupun selain hari Jumat. Karena manfaat sedekah shubuh sangat banyak dan merupakan salah satu ibadah yang dampaknya lebih cepat dirasakan. Oleh karena itu, istiqomahlah melakukan sedekah shubuh dengan cara selipkan hajat yang diinginkan. InsyaAllah Allah SWT akan menjabahnya.

Sedekah shubuh memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menyembuhkan penyakit, mengabulkan hajat, dan memudahkan segala urusan. “Dengan sedekah shubuh ini Allah bisa menyembuhkan penyakit orang tua,” ujar . Tidak hanya sampai di situ semua permohonan bisa dipanjatkan, tergantung permintaan kita.

Syekh Ali Jaber menyarankan agar fokus menyesuaikan satu kali doa, satu kali hajat, dan satu kali sedekah. “Bukan Allah tidak bisa, Allah Maha Bisa menolong kita, tapi kita malu. Masa kita sedekah begitu saja, tetapi kita minta panjang lebar, tolong disesuaikan,” imbuh Syekh tersebut.

Dalam ceramahnya Syekh Ali Jaber mengatakan ketika hendak bersedekah subuh hantarkan juga hajat kepada Allah SWT. “Ketika sesudah sholat shubuh, langsung sedekah shubuh dan sebutkan hajat kepada Allah SWT,” tutur mantan Imam Besar di Masjidil Haram.

Terdapat kisah nyata seperti yang diungkapkan Syekh Ali Jaber. “Ada keluarga yang sudah lama menikah, selama 17 tahun lamanya mereka tidak dikaruani keturunan, lalu saya memberikan amalan ini, suami istri masing – masing mengamalkannya, alhamdulilah enam bulan kemudian istrinya positif hamil,” jelas Ali Jaber.

“Sedekah shubuh ini memang luar biasa dahsyatnya. Sedikit tapi rutin itu sangat berbeda manfaatnya. Sampai InsyaAllah kita dipanggil Allah SWT, mudah – mudahan dalam keadaan yang khusnul khatimah,” tutupnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS