, () – Siswa-siswi berhasil menyabet berbagai kejuaraan di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Kabupaten Tuban hingga digadang dapat melenggang mulus dan juarai olimpiade di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Prestasi membanggakan ini juga menjadikan seluruh kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah favorit masyarakat di Bumi Ronggolawe tersebut. Hal ini sengaja dilakukan agar memunculkan bibit atlet baru di SMP Negeri 3 Tuban yang siap bertanding di ajang O2SN pada tahun-tahun yang akan datang.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Tuban, Anik Winarni menyebutkan, bahwa O2SN tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

“Sehingga Dinas Pendidikan sebenarnya mewajibkan ikut di OSN, O2SN, FLS2N, kalau bisa dibuat di ekstra semua. Jadi seperti renang, ya ada ekstra renang. Tari, ya ada ekstra tari. Himbauannya kepala dinas kalau bisa seperti itu,” kata Kepala SMPN 3 Tuban, Anik Winarni, kepada Ronggo.id Senin (27/5/2024).

Lebih lanjut, Anik mengaku, bagi sekolah yang tidak berpartisipasi dalam ajang O2SN tersebut, maka pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah akan dikenai sanksi.

“Kalau tidak diikutkan, kepala sekolahnya diminta membuat surat pernyataan ke kepala dinas. Daripada membuat surat pernyataan, lebih baik diikutkan aja. Sekarang kita kan ditolong dengan dana bos full, sehingga urusan dana bukan menjadi alasan untuk tidak ikut O2SN,” ujarnya.

Dirinya mengemukakan, tahun lalu, SMP Negeri 3 Tuban sempat menerima penghargaan dari , Aditya Halindra Faridzky, sebagai pemenang O2SN. Maka itu, kini beberapa siswa sedang mempersiapkan diri untuk perlombaan berikutnya.

“Tahun kemarin dapet penghargaan dari Mas Bupati, SMP N 3 itu mendapatkan prestasi terbaik dan terbanyak. Yang jelas anak-anak terus persiapan dengan dilatih oleh pembina dari dalam dan luar sekolah juga ada. Yang masih mau maju itu tanggal 29-30 Mei, OSN sama FLS2N,” ungkapnya.

Ia berharap agar para pemenang, anak-anak dari SMP Negeri 3 Tuban ini kembali mendapatkan juara pada OSN dan FLS2N di tingkat Provinsi yang akan berlangsung pada 29-30 Mei mendatang.

“Harapannya bisa untuk nilai dan prestasi tambahan anak-anak, bisa untuk bekal anak-anak menuju sekolah yang lebih tinggi. Sertifikat pasti penting, juaranya ini bisa untuk nilai tambah PPDB bidang prestasi. 6 anak ini mau maju O2SN provinsi, karena juara 1 semua. Nanti sekitar Juni-Juli ke tingkat provinsi,” pintanya.

Ditempat yang sama, Guru Olahraga di SMP Negeri 3 Tuban sekaligus pembina siswa, Khamim meminta agar siswa-siswi bisa mendapatkan nomor undian yang tepat. Sebab hal ini sangat berpengaruh terhadap keberuntungan peserta dalam perlombaan mendatang.

“Kalau untuk persiapannya kita juga intens dengan klub dan latihan rutin, pelatihnya juga intens untuk komunikasi programnya anak-anak. Nomor-nomor yang akan dipilih juga menentukan hasil pencapaian mereka di sana. Karena di olahraga renang itu ada 4 bisa pilih 2 nomor, kalau dua-duanya dapat emas, kita bisa juara satu,” pungkasnya. (AN/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS