, () – Penyaluran hewan qurban merupakan agenda rutin yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha. Seperti yang dilakukan oleh (Persero) Tbk, yang tahun ini menyerahkan sebanyak 39 ekor sapi kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah yang ada di Bumi Ronggolawe.

Dalam penyerahan hewan qurban tersebut, SIG GHoPO Tuban juga membawa serta surat keterangan sehat dan bebas penyakit yang menyerang ternak sapi, seperti Penyakit Mulut & Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Desease (LSD) atau masyarakat menyebutnya penyakit Lato-lato. Hal ini untuk memastikan bahwa hewan qurban dalam keadaan benar-benar sehat dan layak konsumsi.

Penyerahan sapi qurban kepada masyarakat tersebut dilakukan secara simbolis oleh Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban , Endro Budi Sulistyo, dihalaman Kantor Pemkab , Selasa (27/6/2023).

Senior Manager of Corporate Communication SIG GHoPO Tuban, Setiawan Prasetyo menyampaikan rasa syukur bahwa agenda rutin perusahaan dalam membagikan hewan qurban kepada masyarakat di wilayah pengembangan perusahaan di Kabupaten Tuban ini tetap dapat terlaksana dengan baik. Harapannya agar kontribusi dari perusahaan yang rutin dilakukan setiap tahun ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

“Distribusi bantuan hewan qurban hampir seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk 26 desa di wilayah pengembangan perusahaan yakni di Kecamatan Kerek, Merakurak, dan Jenu Kabupaten Tuban. Selain itu, juga untuk Pemkab, DPRD, Masjid Agung dan lembaga keagamaan di Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Sebelum dilakukan pendistribusian, semua hewan qurban telah dinyatakan terbebas dari PMK, penyakit lato-lato dan penyakit lainnya oleh dokter hewan.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban dan memastikan adanya rekomendasi sehat dari dokter hewan agar nantinya hewan qurban terjamin benar-benar aman untuk dikonsumsi,” terang Iwan sapaan akrab Setiawan Prasetyo.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Endro Budi Sulistyo menyampaikan terimakasih kepada SIG GHoPO Tuban yang rutin memberikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat saat Hari Raya Idul Adha. Sapi bantuan dari perusahaan tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Semen Indonesia merupakan perusahaan terbanyak yang memberikan bantuan hewan qurban kepada masyarakat Tuban,” ungkap Endro Budi Sulistyo.

Menurutnya, semua sapi qurban bantuan dari SIG telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban. Artinya, hewan kurban dari SIG tidak diragukan lagi kesehatannya.

“Semua sapi bantuan dari SIG telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan, dan semua dinyatakan sehat. Sehingga, aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (Said/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS