, () – Keberadaan Pos Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di desa-desa di Kabupaten Tuban diharapkan mampu menjadi early warning (deteksi dini) terhadap potensi kejahatan.

Berdasarkan amanat Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Tuban, AKBP Suryono menjelaskan, bahwa Satkamling merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT maupun RW pada kelurahan/desa.

Oleh karenanya, Satkamling diharapkan mampu melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri.

“Karena awak Satkamling baik Ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili,” terang AKBP Suryono saat gelar Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) jajaran , Rabu (21/6/2023).

Menurut AKBP Suryono, masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

“Kapolri berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing. Jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” ujarnya.

Tak lupa, AKBP Suryono menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Awak Satkamling. Lebih lanjut AKBP Suryono berpesan kepada Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas.

“Tanamkan bahwa fungsi kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga. Karena kehadiran Satkamling juga merupakan representasi kehadiran Polri di tengah masyarakat” tutupnya.

Diketahui, kegiatan apel Kasatkamling itu dihadiri Dandim 0811 Tuban Letkol Infanteri Suhada Erwin, Sekda Tuban Budi Wiyana, Kalapas kelas IIB Tuban Siswarno, serta diikuti ratusan personel gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Polisi khusus Lapas, Polisi Hutan, Kasatkamling jajaran serta Linmas. (Ibn/Jun)

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS