, (Ronggo id) – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menegaskan komitmen Pemerintah untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, khususnya guru honorer.

Hal ini disampaikan saat menghadiri Sambung Rasa dan Sarasehan Pendidikan bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tuban yang berlangsung di Graha Dwija , Selasa (28/11/2203).

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke-78 ini turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi, Sekda Tuban, Budi Wiyana, serta OPD terkait.

Dihadapan ratusan guru, Mas Lindra panggilan karib Bupati Tuban mengungkapkan, berkaitan pengadaan PPPK formasi guru, terus melakukan pembaharuan data persebaran dan kebutuhan guru di Kabupaten Tuban. Tercatat, masih terdapat formasi guru yang belum dapat terserap PPPK.

“Karenanya para guru diharapkan mampu untuk tertib administrasi agar mempercepat proses pendataan dan penyediaan alokasi formasi guru pada pengadaan PPPK,” ungkapnya.

Selain itu, kata Mas Lindra, sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru, pada tahun 2024, Pemkab Tuban telah mengalokasikan anggaran untuk kenaikan gaji guru honorer.

“Harapannya, mampu meningkatkan semangat guru dalam memberikan bekal pendidikan bagi anak didiknya,” sambungnya.

Bupati muda itu mengemukakan, bahwa sejak 2021, Pemkab Tuban terus meningkatkan infrastruktur pendidikan dan sarana pendukung lainnya. Lanjut Mas Lindra, ia mendorong para guru untuk terus meningkatkan kompetensi, baik melalui pendidikan formal maupun informal.

“Peningkatan kualitas guru akan berimplikasi pada mutu pendidikan bagi anak di Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PGRI Kabupaten Tuban, Witono memberikan apresiasi atas upaya Pemkab Tuban dalam penyelenggaraan PPPK, yang telah banyak menyerap guru honorer menjadi PPPK.

“Kurang lebih 2.600 guru honorer telah terserap menjadi PPPK. Capaian ini sudah sangat baik dibandingkan dengan kabupaten lain,” ujarnya.

Witono menyatakan, PGRI Kabupaten Tuban siap mendukung program pembangunan yang dijalankan Pemkab Tuban, khususnya melalui upaya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Tuban.

“Upaya yang ditempuh guru diharapkan mampu mendongkrak ikhtiar Pemkab Tuban berkaitan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” tutupnya. (Hus/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS