, () – Rombongan Kitab Pataka (JBMB) Dalam rangka Hari Jadi ke- 78 Provinsi Jawa Timur telah memasuki .

Kirap Pataka yang diberangkatkan dari Kabupaten Lamongan, lalu singgah ke Tuban melalui perbatasan Kecamatan Widang dan tiba di Pendopo Kridho Manunggal tersebut diiringi regu drumband, Paskibraka hingga kesenian di Tuban. 

Selanjutnya, Pataka JBMB dikawal dari GOR Rangga Jaya Anoraga oleh personel Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Satlinmas Kabupaten Tuban melintasi melintasi wilayah Kecamatan Merakurak, Montong, Singgahan, dan Parengan menuju Kabupaten

Dalam sambutannya, , membacakan Ripta Prasasti, yang berisi tentang pesan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang ditulis di daun lontar mengajak seluruh warga Jawa Timur untuk selalu melindungi dan menjaga UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Juga merawat sinergi dan kolaborasi dalam membangun kemajuan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim. 

Mas Lindra menyampaikan pesan Gubernur Jatim pada Kirab Pataka JBMB kali ini yaitu kebangkitan ekonomi, kebangkitan sosial, kebangkitan budaya, dan kebangkitan pariwisata Jawa Timur. Selain juga diserukan ajakan untuk bersama-sama memberantas narkoba dan rokok ilegal.

Kirab Pataka JBMB dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan kerja sama dengan konsep kegiatan kirab secara estafet. Diberangkat dari Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada 24 September lalu, Kirab Pataka JBMB akan menempuh jarak kurang lebih 2.001 kilometer dan direncakan akan kembali ke Gedung Negara Grahadi pada 11 Oktober 2023 mendatang. 

Adapun pataka yang diarak bukan hanya bendera Jer Basuki Mawa Beya saja, melainkan lima bendera yang terdiri dari Pataka Lambang daerah Provinsi Jawa Timur (Jer Basuki Mawa Beya), Pataka lambang Satpol PP (Praja Wibawa), Pataka lambang Pemadam Kebakaran (Yudha Brama Jaya), dan Pataka Satuan Perlindungan Masyarakat.

Sementara Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, memimpin upacara penyambutan dan pemberangkatan Pataka JBMB di Kabupaten Tuban. Pataka JBMB diserahkan Kepala Satpol PP Kabupaten Lamongan, Jarwito kepada Bupati Tuban dan selanjutnya diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Tuban, Gunadi.

Hadir pada kesempatan ini, perwakilan Forkopimda Tuban, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, pimpinan OPD dan Camat. Adapun peserta upacara terdiri dari personel Satpol PP, Damkar, Satlinmas, Tagana, pegawai . (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS