Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, (Ronggo.id) – Rombongan Kafilah resmi dilepas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky untuk mengikuti festival Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur XXX Tahun 2023 di Kota Pasuruan.

Ada 52 kafilah asal Kabupaten Tuban yang akan bersaing dengan kafilah dari Kabupaten/ kota di Jatim selama 10 hari kedepan, terhitung mulai 29 September hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Prosesi pemberangkatan rombongan kafilah ini berlangsung di Pendopo Kridha Manunggal Tuban, Jumat (29/9/2023). Turut dihadiri Kepala Kantor Kemenag Tuban, Ahmad Munir,  Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Pengurus LPTQ Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin, dan pimpinan OPD terkait.

Ajang MTQ sendiri merupakan festival keagamaan Islam Indonesia yang bertujuan untuk mengagungkan Al Qur'an dan berlomba mengaji dengan qira'at.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuban yang akrab disapa Mas Lindra berpesan agar para kafilah fokus dan berjuang semaksimal mungkin dengan harapan mampu meraih prestasi sebagai juara umum.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

“Kemudian diharapkan mampu memotivasi generasi muda kian mencintai Alquran dan turut serta berjuang mengharumkan nama Kabupaten Tuban,” tutur

Mas Lindra menyatakan, pada ajang festival MTQ 2025 mendatang jumlah kafilah akan ditambah, dengan diterjunkannya para kafilah muda pada MTQ tahun ini diharapkan terlahir generasi-generasi baru.

“Kami berpesan agar Kafilah Kabupaten Tuban menjiwai konsep Hati Bumi Wali dan Semangat Ronggolawe, yaitu semangat pantang menyerah dari Ronggolawe, dan rendah hati dari para wali,” ujarnya.

Menurut Mas Lindra, festival MTQ ini bukan sekedar perlombaan, melainkan juga momentum untuk meneguhkan pandangan bahwa ilmu dan iman harus berjalan beriringan. 

Lebih lanjut, Mas Lindra menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Tuban berkomitmen dalam melahirkan generasi penerus yang unggul, kompeten, dan berkarakter Alquran.

“Kami juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pembina dan kafilah Kabupaten Tuban yang akan berlomba,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Joko Purnomo menerangkan, sebelum dilepas, para kafilah ini telah menjalani serangkaian pembinaan sejak Februari 2023. Ia menyebut, bahwa ke 52 kafilah ini akan berkompetisi pada 7 cabang lomba dengan 22 golongan.

“Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat agar kafilah Kabupaten Tuban dapat menjadi juara umum,” pungkasnya. (Hus/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI