TUBAN, (Ronggo.id) – Ribuan Santri di Tuban ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 yang diselenggarakan di Stadion Tuban Sport Centre (TSC), Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementrian Agama (Kemenag) Tuban itu, dihadiri langsung , Aditya Halindra Faridzky, Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya, dan Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin.

Bupati Tuban selaku pemimpin upacara dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada yang sudah menghadirkan puluhan ribu santri untuk menyemarakan upacara peringatan Hari Santri.

“Kami berterima kasih kepada Kemenag Tuban yang telah menghadirkan kurang lebih sekitar 25 ribu sampai 27 ribu peserta santri atau santriwati,” kata Bupati Tuban dalam sambutannya.

Orang nomor 1 di Tuban tersebut mengungkapkan, jika upacara Hari Santri kali ini cukup meriah seiring dengan melandainya covid-19. Apalagi ditambah dengan beberapa pertunjukan yang ditampilkan oleh para santri.

“Semoga setiap tahunya kegiatan seperti ini bisa terus berjalan dan lebih semarak,” ujar Lindra sapaan akrab Bupati Tuban.

Mantan putra Bupati Haeny Relawati Widyastuti menyebut, jika banyak yang memiliki potensi dan berprestasi, terbukti dari 6 perwakilan Tuban untuk Jawa Timur, 4 diantaranya menyabet gelar juara.

“KedepanNya diharapkan para santri di Tuban mampu mendominasi lagi dan menjadikan Kabupaten Tuban sejahtera, tentram dengan akhlakul karimah yang baik,” tuturnya.

Sementara, Kepala Kemenag Tuban, Ahmad Munir menjelaskan, puluhan ribu santri yang hadir mengikuti upacara tersebut berasal dari pendidikan formal seperti Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah.

“Untuk peserta tidak semua kami undang, terutama yang wilayahnya sangat jauh, kalau kita undang semua kapasitas yang disini tidak cukup,” beber Ahmad Munir.

Tak lupa, dalam kesempatan itu, Ahmad Munir mengucapakan terima kasih kepada Bupati Tuban, para tokoh NU, Muhammadiyah, jajaran Forkompimda, Forum Komunikasi Diniyah Ta’miliyah Pondok Pesantren yang telah hadir dan turut mensukseskan acara tersebut.

Lebih lanjut, Ahmad Munir berharap kekompakan dan kebersamaan seluruh elemen dapat tetap terjaga, dan berharap tahun-tahun mendatang peringatan Hari Santri bisa lebih meriah.

“Semoga tahun depan peringatan Hari Santri bisa lebih semarak. Harapan saya, sinergitas seperti ini selalu terjaga, baik dari , PCNU dan Muhammadiyah,” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS