Ronggo.id – Pada tanggal 22 Oktober 2023, tepatnya hari Minggu pukul 14:00 WIB, masyarakat termasuk para santri di Kecamatan Palang sangat menantikan momen peringatan Hari Santri 2023. Acara ini berlangsung di , Kecamatan Palang, dengan partisipasi sekitar 6.000 peserta upacara dari MWCNU Palang, lembaga, Banom NU, dan masyarakat setempat.

Momen tersebut dimulai dengan pertunjukan seni bela diri dari organisasi Pagar Nusa yang memukau dengan keahlian mereka. Drum Band Bahana Suara Nurda dari MTs Nurul Huda Ketambul juga tampil memukau dengan display terbaik mereka, diiringi musikalisasi puisi bertemakan santri. Pesan dalam Hari Santri 2023 sangat terasa dalam musikalisasi puisi ini.

Setelah pertunjukan, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yang sebelumnya diadakan oleh MWCNU Palang, diikuti oleh lembaga pendidikan se-Kecamatan Palang.

Sebelum dimulainya upacara, pertunjukan Seni Barongsai Singaraja dari Desa Ketambul ikut memeriahkan acara. Seni unik ini ditampilkan dengan indah oleh para peraganya, diiringi musik khas seni barongsai, menunjukkan keberagaman seni dan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Pukul 16:00 WIB, upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 dimulai dengan khidmat. Acara ini dipimpin oleh Bapak Kyai Bisri Imron Rosyadi, Ketua Tanfidziyah MWCNU Palang.

Dalam pidatonya, Beliau menyampaikan rasa syukur dan kebanggaan atas pengakuan negara terhadap peran santri dalam sejarah. Beliau berpesan bahwa santri harus terus berjuang dan berkhidmat sesuai dengan ajaran ulama dan pendahulu.

Beliau juga menjelaskan bahwa konsep santri saat ini telah berkembang. Santri adalah orang yang melakukan kebaikan dan memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, serta bangsa dan negara.

Di akhir pidato, Bapak K. Bisri menyampaikan harapannya untuk memperluas pengenalan dan partisipasi masyarakat dalam peringatan Hari Santri 2023 di tahun-tahun mendatang. Upacara ditutup dengan doa oleh Rois Syuriah MWCNU Palang KH. Muhaimin Ridlwan.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS