, () – Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) menggelar tes urine kepada seluruh polisi Tuban secara dadakan usai menggelar apel pagi di Mapolres setempat, Selasa (3/10/2023).

Hal ini dilakukan sebagai deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkoba kepada seluruh personel, mulai dari jajaran perwira hingga bintara.

Kasat Resnarkoba Polres Tuban, AKP Teguh Triyo Handoko mengatakan, tes urine ini dilakukan sebagai salah satu langkah pengawasan dan penegakkan terhadap penyalahgunaan obat-obatan terlarang, khususnya di internal .

“Diharapkan anggota bisa bebas dari narkoba. Karena kita setiap hari berkecimpung dengan masyarakat dalam melakukan sosialisasi dengan masyarakat, kita juga melakukan upaya penegakkan hukum dalam hal bersih-bersih narkoba, namun di internal juga harus bersih dari narkoba,” ungkap AKP Teguh Triyo Handoko di tengah-tengah pelaksanaan tes urine.

Tidak hanya memberikan sosialisasi tentang bahayanya penggunaan narkotika di kalangan masyarakat, tes urine terhadap petugas juga perlu diterapkan, sehingga sebagai anggota polri juga benar-benar terbebas dari narkoba.

“Sebagai kontrol serta pencegahan penyalahgunaan narkoba, hari ini 26 anggota Satresnarkona Polres Tuban dilakukan tes urine. Karena untuk dapat memberantas peredaran narkoba, petugas yang berkecimpung juga harus bersih,” ujarnya.

Untuk menghindari penyalahgunaan dikalangan masyarakat, petugas juga melakukan sosialisasi kepada kaula muda di tingkat sekolah, pondok pesantren hingga tempat-tempat umum yang biasa digunakan nongkrong muda-mudi.

“Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk pelajar dan anak-anak muda, sehingga Kabupaten Tuban benar-benar terbebas dari peredaran narkoba,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS