, () – Selain menggunakan batu bara, PT PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar Tuban mendatangkan ribuan ton biomassa (serbuk kayu) menggunakan kapal tongkang sebagai bahan bakar. Hal ini diklaim baru pertama kali dilakukan di Indonesia.

Menurut Direktur Biomassa PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI), Antonius Aris Sudjatmiko sebenarnya penggunaan biomassa oleh PT PLN Nusantara Power sudah dilakukan, namun biasanya dalam pendistribusiannya menggunakan jalur darat.

“Ini pengiriman perdana menggunakan kapal tongkang di Indonesia, biasanya mendatangkannya menggunakan jalur darat (Truk) dengan penggunaan jalur darat sendiri radiusnya tidak bisa terlalu jauh,” ujar Direktur Biomassa PT PLN EPI Antonius Aris Sudjatmiko kepada wartawan, Minggu (9/7/2023).

Setelah berlayar selama 5 hari, pagi ini 5.600 ton biomassa yang dikirim dari Bulu Kumba, Sulawesi Selatan lewat kapal tongkang, tiba di PT PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar Tuban.

Pria yang akrab disapa Anton ini menambahkan, pemanfaatan biomassa yang berasal dari limbah pengolahan kayu juga memberikan manfaat lebih pada masyarakat secara ekonomi. Barang yang sebelumnya merupakan limbah, kini bisa terserap sepenuhnya dengan program Co-Firing PLN.

“Dengan skema tersebut, PLTU PLN akan menciptakan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat di sekitar PLTU maupun masyarakat di titik sumber biomassa,” imbuhnya.

Anton juga menjelaskan sepanjang semester I 2023, PT PLN EPI sudah memasok biomassa untuk seluruh pembangkit listrik di Indonesia sebesar 405.000 ton.
Angka tersebut naik drastis dibanding periode yang sama, di tahun sebelumnya di mana hingga Juni 2022, pencapaian pasokan biomassa hanya sebanyak 255.270 ton.

Dan ditargetkan pada tahun ini total pasokan biomassa, sebesar 1,08 juta ton, untuk seluruh pembangkit listrik di Indonesia. Oleh karena itu, PLN EPI bertekad melakukan yang terbaik untuk mencapai target pasokan 2023.

Di tempat yang sama Senior Manager PT PLN Nusantara Power Tuban Tanjung Awar-awar, Abdi Nafi, mengatakan bahwa dalam satu hari penggunaan batubara di PLN Nusantara Power Tuban mencapai 9.400an ton.

“Kebutuhan batubara di PLN Nusantara power Tuban sini dalam satu hari mencapai 9.400an ton,” ujarnya.

Untuk penggunaan biomassa pada tahun 2023 di PT PLN Nusantara Power Tuban Tanjung Awar-awar, naik sebesar 1 sampai 2 persen dibandingkan tahun 2022. Di tahun 2022 penggunaan biomassa hanya sebesar 0,6 persen dan diharapkan pada tahun 2030 bisa mencapai 10 persen.

Informasi tambahan untuk kapasitas listrik PLN Nusantara Power Tanjung Awar-awar ini 2×350 megawatt, dan ada dua unit.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS