– Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan Tuban dan TNI-Polri melakukan operasi gabungan sekaligus penertiban kepada abang becak di Terminal Khusus Parkir Wisata Sunan Bonang, jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Selasa (21/9/2021). 

Hal dilakukan mengingat Kabupaten Tuban dinyatakan masuk dalam level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. 

Kendati begitu, Pemkab setempat terus menggenjot agar penyebaran tetap stagnan dan bahkan bisa hilang sepenuhnya dengan cara rutin menggelar sosialisasi dan meminta masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Kepala , Hery Muharwanto menjelaskan, kegiatan penertiban ini dilakukan kepada abang becak yang tidak taat terhadap protokol kesehatan (prokes), pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat maupun pengunjung Wisata Bonang untuk tetap mengenakan masker dan menerapkan 5 M. 

“Hari ini kami melakukan penertiban tukang becak yang tidak mengenakan masker. Mereka yang melanggar dengan tidak mengenakan saat ini hanya kita tegur agar patuh prokes dan memberikan mereka masker,” ungkap Hery. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Gunadi menyampaikan, upaya menekan angka penyebaran Covid-19 ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh satu dinas, melainkan kerja keras semua pihak. 

“Ini adalah campur tangan semua pihak terkait, sehingga Kabupaten Tuban berhasil masuk level satu PPKM,” ungkap Gunadi saat dikonfirmasi

Kendati telah masuk level 1 PPKM, pria yang juga pernah menjabat di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini tetap melakukan sosialisasi dan penertiban kepada warga yang tidak menerapkan prokes saat beraktivitas. 

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengabaikan 5 M, khususnya memakai masker. Warga yang juga diminta untuk mengikuti vaksin yang digelar pemerintah setempat secara gratis agar Covid-19 benar-benar hilang. 

“Meski sekarang sudah masuk level satu, tapi masyarakat tetap harus menjaga prokes dan mengikuti himbauan pemerintah. Semoga wabah ini segera usai, sehingga perekonomian kembali lancar,” pungkasnya. 

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS