– Satuan Polisi Pamong Praja () dan Pemadam Kebakaran Tuban menggelar bakti sosial donor darah, bertempat di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) di jalan Pramuka No 1 Tuban.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negri sebagai rangkaian ke-72, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-60 dan ke-103 Pemadam Kebakaran.

Kepala Satpol-PP dan , Gunadi megatakan, bakti sosial donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Satpol-PP yang berlangsung serentak secara Nasional. Sebelumnya juga dilakukan upacara virtual HUT Damkar secara Nasional tgl 1 Maret 2022, yang diberi tema ‘Pemadam Kebakaran dan Relawan Pemadam Kebakaran bahu-membahu mewujudkan Indonesia Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh’.

“Bakti sosial ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia. Kemudian Rakornas Satpol PP dan Linmas secara online dan offline tanggal 3 hingga 5 Maret 2022,” ungkap Kasatpol-PP Tuban kepada , Rabu (2/3/2022).

Rencana kedepan, lanjut Gunadi, upacara terbatas tingkat Provinsi pada 15 Maret 2022 dengan tema ‘Profesional dan Berintegritas Mewunudkan Penyelenggaraan Trantibum untuk Indonesia Maju dan Sehat’ juga akan digelar di Kabupaten Blitar.

“Untuk kegiatan upacara itu belum bisa dipastikan, mengingat situasi dan kondisi Covid-19 yang masih belum bisa dipastikan kapan akan berakhir,” jelasnya.

Dilain sisi, Kasi Pemberdayaan Perlindungan Masyarakar Satpol-PP, Masduki mengatakan, selain dari Satpol PP juga melibatkan seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Tuban serta lapisan masyarakat dengan target peserta 200 pendonor.

“Kami mengundang masing-masing OPD 5 orang untuk donor, kemudian Linmas dan Satpol-PP yang ada di 20 kecamatan,” kata Masduki.

Masduki menjelaskan ditengah pandemi dan juga Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mewabah, tentunya permintaan darah sangatlah besar, diharapkan dengan kegiatan yang ia lakukan bisa menambah ketersediaan darah yang ada di PMI Tuban.

“Belakangan ini banyak  yang butuh darah, khususnya pasien DBD dan donor darah ini merupakan wujud kepedulian dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” jelasnya.

Selain donor darah, sebagai satu kesatuan rangkaian HUT, juga akan laksanakan upacara disetiap Kabupaten dan  rapat koordinasi di Jakarta mulai tanggal 3-5 maret, yang diikuti pejabat Kemendagri dan Satpol PP se-jabotabek dan 3 perwakilan Kasatpol-PP dari masing-masing provinsi.

Ditempat yang sama, Humas UTD PMI Tuban, Sarju Efendi mengaku merasa terbantu dengan pelaksanakan giat donor darah oleh Satpol PP seiring dengan stok darah di PMI yang mulai menipis.

“Alhamdulillah, kami sudah dibantu mengamankan stok darah di PMI Tuban,” ungkapnya.

Dari sejumlah pendaftar, dikatakan oleh Sarju, ada sebagaian yang tidak lolos screening lantaran ada beberapa kendala, diantaranya tensi rendah, HB Hemoglobin kurang maupun karena riwayat medis lain sehingga tidak diperkenankan untuk mendonor.

Untuk stok darah di PMI saat ini mengalami penurunan akibat permintaan darah cukup tinggi dari pasien DBD, , setidaknya harus tersedia 200 kantong untuk memastikan stok darah tergolong aman.

“Hari ini tinggal 90 kantong dan hanya cukup untuk kebutuhan 3 sampai 4 hari kedepan,” pungkasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS