Peduli Sumber Daya Lokal, SBI Kembali Buka Pendaftaran Pendidikan Gratis Melalui Program EVE

- Maret 17, 2022 | 9:59 am

TUBAN – PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) terus berkomitmen membangun kompetensi Sumber Daya Manusia, khususnya warga lokal sekitar perusahaan. Kali ini kepedulian tersebut diwujudkan di bidang pendidikan.

Melalui program Eve Enterprise-Based Vocational Education (EVE), anak usaha Semen Indonesia Group (SIG) itu kembali membuka pendaftaran beasiswa pendidikan Diploma 3 sekaligus untuk mengikuti kerja lapangan di SBI. Lowongan pendaftaran dideadline sampai dengan 23 Maret 2022.

Sejak dimulai tahun 2005 lalu, program EVE yang merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) SBI disiapkan sebagai program pembelajaran gratis selama 3 tahun dengan kurikulum politeknik setara Diploma (D3) Program Studi Teknik Mesin dengan konsentrasi Rekayasa Industri Semen.

Tak hanya EVE, beberapa program CSR telah dilakukan SBI Pabrik Tuban di bidang pendidikan seperti, Pogram Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA), English For Fun, Pogram Bimbingan Belajar, Program Kejar Paket C dan program lainya yang menyasar masyarakat sekitar pabrik.

Dukungan terhadap pendidikan juga diwujudkan melalui sejumlah program infrastruktur sebagai penopang, antara lain seperti pembangunan Gedung gedung TPQ Al Anwar di Desa Kedungrejo, Pembangunan pembangunan tambahan ruang kelas tambahan di Desa Merkawang, dan pembangunan Gedung gedung MI di Desa Mliwang dan Kedungrejo, serta pembangunan ruang belajar kreatif di Desa Karangasem

“Sejalan dengan visi dan misi SIG dalam bidang pendidikan. kami ingin berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan kompetensi siswa-siswa berprestasi dari wilayah lokasi operasional pabrik SBI di Pulau Jawa maupun Sumatera agar memiliki daya saing yang tinggi,” jelas Trayudi Darma, General Affair & Community Relations Manager SBI TubanTrayudi Darma, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban, Kamis (17/3/2022).

Disamping mendapatkan pendidikan gratis dalam jangka waktu 3 tahun, bagi siswa yang lolos seleksi dalam program EVE juga akan mendapatkan uang tunjangan bulanan berupa uang saku, pelatihan dan sertifikasi keahlian, buku materi pelajaran dan seragam, serta Ijasah D3 resmi dari Politeknik Negeri Jakarta.

Perusahaan yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) tersebut telah bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta dalam pembekalan bagi para siswa/i EVE untuk selanjutnya disiapkan menjadi teknisi semen yang berkualitas. Siswa lulusan program EVE asal Tuban sendiri hingga saat ini berjumlah 124 orang.

“Setelah lulus nanti, mereka diberi kebebasan untuk menentukan karir. Saat ini sudah ada 505 orang lulusannya yang sudah bekerja, baik di SBI maupun di perusahaan lain,” tutup Trayudi Darma.

Sebatas diketahui, sistem pembelajaran program EVE terdiri dari modul praktis 20%, teori 30%, dan praktek kerja lapangan (OJT) 50% untuk pembekalan para siswa dengan 50% komponen kerja lapangan, diharapkan lulusan Program EVE akan menjadi lulusan yang siap bekerja.

Selepas lulus dalam program EVE, para siswa akan mendapatkan sertifikat dari SBI sebagai teknisi semen dengan keahlian khusus sebagai teknisi mekanik, teknisi listrik, teknisi produksi, teknisi tambang, dan lain sebagainya. (Ibn/Jun).

Topik