, (Ronggo.id) – Pasar Desa Prambonwetan, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban hangus terbakar, Minggu (7/7/2024). Kerugian ditaksir mencapai Rp 80 juta.

Adapun bangunan yang terbakar adalah kios yang berada di pojok sebelah utara pasar.

Sebelum terbakar, kios berukuran 16×4 meter yang terdiri 4 lokal milik Masruin (55) pedagang asal Desa Kedungrejo, Kecamatan Plumpang itu sempat beroperasi hingga pukul 11.30 WIB.

“Setelah kios di tutup, pemilik kios kembali pulang ke rumah,” ungkap Kapolsek Rengel AKP Khoirul Amad.

Selang 2 jam, Arif Harunnain (33) warga  sekitar sekaligus saksi dalam kejadian tersebut tiba-tiba melihat kepulan asap muncul dari dalam pasar.

“Kemudian, saksi meminta bantuan warga yang lain untuk membantu memadamkan api,” ujar Khoirul Amad.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban, Gunadi mengatakan, usai mendapatkan laporan, pihaknya bergegas mengerahkan 5 orang personil berikut 2 unit fire truck, masing-masing dari Pos Rengel dan Mako Damkar.

Setibanya di lokasi, petugas Damkar bersama personil kepolisian, TNI serta warga bahu membahu memadamkan kobaran api yang sudah melalap hampir seluruh bangunan kios.

“Api pokok berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.05 WIB. Dilanjutkan upaya pembasahan,” katanya.

Gunadi menduga, pemicu kebakaran berawal dari adanya arus pendek yang menimbulkan percikan api, lalu merembet ke barang-barang yang berada di dalam kios sehingga semakin membesar.

“Untuk korban jiwa nihil. Sedangkan kerugian materiil diperkirakan sebesar Rp 80 juta,” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS