Nilai Toleransi Sesama Kian Berkurang, Anggota DPRD Jatim Beri Wawasan Kebangsaan

Nilai Toleransi Sesama Kian Berkurang, Anggota DPRD Jatim Beri Wawasan Kebangsaan
Anggota Komisi C DPRD Jatim, Agung Supriyanto saat memberikan sosialisasi dan wawasan kebangsaan kepada masyarakat

TUBAN – Dalam menumbuhkan semangat persatuan, kesatuan serta kepentingan dan keselamatan Bangsa dan Negara, Anggota Fraksi PAN DPRD Provinsi Jatim, menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan bersama perwakilan jurnalis, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), IKAPMII, Alumni GMNI, GP Ansor, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Pemuda Muhammadiyah Tuban, dan mahasiswa.

Anggota Fraksi PAN DPRD Provinsi Jatim, Agung Supriyanto mengatakan, sosialisasi tentang wawasan kebangsaan ini sebagai bentuk amanah Pemerintah yang seharusnya disampaikan kepada masayarakat, dimana rakyat harus berperan aktif dalam menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan demi menyelamatkan bangsa dan Negara dari kepentingan pribadi maupun golongan.

“Kita diamanahkan oleh pemerintah daerah agar melalukan sosialisasi wawasan kebangsaan. Karena ini sangat perlu untuk hadir ditengah-tengah masyarakat agar visi-misi bangsa ini berjalan sesuai amanah konstitusi,” tambah Agung Supriadi saat memberikan materi kepada seluruh undangan di salah satu hotel di Tuban, Minggu (30/1/2022).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, jika sosialisasi ini sangat penting, karena nilai-nilai kondisi kebangsaan saat ini mulai berkurang. Salah satu contohnya tradisional gotong royong semakin lama semakin surut dan individualisme semakin kuat. Termasuk tingkat toleransi antar kelompok satu dengan yang lain juga semakin lama semakin kurang. Kondisi itu bisa di tangkap di rumah lingkup ini serta media sosial.

“Tentu kondisi itu menjadi keresahan bagi kita semua, termasuk DPRD Jawa Timur. Sehingga apabila kondisi saat ini tak di minimalisir maka memungkinkan muncul sebuah ancaman di negara ini,” ungkap mantan Ketua DPD PAN Tuban

Pria yang terpilih sebagai wakil rakyat dari Dapil Kabupaten Tuban dan Bojonegoro ini menerangkan, jika  semua teman-teman dewan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyapa dan menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan. Salah satu tujuannya agar generasi muda atau masyarakat memiliki rasa cinta tanah air mengingat perkembangan zaman semakin modern dan tantangan kian kompleks.

“Penekanannya adalah nilai-nilai wawasan kebangsaan semakin di tampakkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama nilai-nilai dalam UUD 45 maupun Pancasila,” tegas Agung Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jatim.

Kegiatan tersebut disambut antusias para peserta hingga acara sampai selesai. Hal tersebut disampaikan Ketua KNPI Tuban, Sutrisno.

“Kegiatan wawasan kebangsaan sangatlah penting bagi para pemuda, karena dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kecintaan para pemuda terhadap bangsa ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, melalui sosialisasi ini mampu menangkal paham yang bertentangan dengan UUD 45 dan Pancasilais. Sehingga, sejak dini generasi muda wajib untuk ditanamkan nilai wawasan kebangsaan.

“Terpenting akan bisa menangkal paham radikal yang masuk kepada para pemuda. Pemuda harus di bentengi dengan wawasan kebangsaan,” pungkasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS

Pos terkait