TUBAN, (Ronggo.id) Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 bisa dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya seperti yang dilakukan oleh anak-anak di Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ini dengan ikut pisang.

Umumnya, lomba panjat pinang yang digelar oleh masyarakat menggunakan kayu dari pinang atau bambu. Namun dilokasi itu, warga menggunakan gedebok atau batang pohon pisang yang digantung dengan pernak-pernik hadiah menarik.

Dalam kegiatan panjat gedebok pisang yang diikuti oleh sekelompok anak-anak usia sekolah dasar tersebut bisa dijadikan sebagai ajang edukasi tentang kekompakan dan bergotong royong antar tim yang dibalut tingkah lucu hingga membuat tawa bahagia bagi penonton.

Ketua panitia, Pungki menuturkan, jika lomba ini diselenggarakan selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77, juga menjalin kekompakan dan silaturrahmi antar warga.

Adapun dalam kegiatan lomba tersebut, lanjut Pungki, memang sengaja memilih peserta anak-anak. Hal itu dilakukan sebagai sarana edukasi tentang kekompakan dan kesolidan setiap tim untuk bisa mencapai puncak tertinggi guna mendapatkan berbagai hadiah yang telah disediakan.

“Ini melatih ketangkasan dan kekompakan anak-anak. Bahwa setiap apa yang ingin kita raih harus dilakukan dengan semangat dan kerja keras,” terang Pungki kepada , Rabu (

Para peserta panjat gedebok ini hanya diberi waktu selama tiga menit setiap kali beraksi memanjat gedebok setinggi tiga meter tersebut. Jika belum mampu mencapai puncak, maka akan diganti oleh tim berikutnya. 

Sementara hadiah yang telah disiapkan oleh paniti diantaranya berupa tas dan peralatan sekolah, bola, sandal peralatan dapur, raket, uang tunai hingga mie instan. 

“Hadiahnya kebanyakan perlengkapan sekolah hinga alat-alat dapur. Uang juga ada, dan yang penting mereka dan warga bahagia,” tuturnya.

Sementara itu, Dimas, salah satu peserta mengaku senang bisa turut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77 ini. Selain bisa melatih kerjasama antar anak-anak komplek, hadiah yang didapat juga membuat hati bahagia.

“Senang ikut lomba panjat gedebok ini karena dapat banyak hadiah. Tadi dapat sandal, tas, mie dan bola,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS