, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban mengerahkan ratusan emak – emak menjadi tenaga sortir dan melipat kertas surat suara Pemilu serentak tahun 2024.

Bertempat di gudang logistik KPU Jalan Manunggal Tuban, Jumat (5/1/2024) pagi, sekitar 300 orang yang didominasi emak – emak nampak sibuk mengecek satu persatu surat suara sebelum akhirnya dilipat dan dikumpulkan kedalam kardus.

Ketua , Fathul Ihsan menyatakan, ditargetkan dalam sehari setiap 1 orang mampu menjalankan tugasnya untuk menyortir dan melipat sebanyak 1.000 surat suara, meliputi surat suara Pilpres, Calon Anggota DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, DPRD Tuban dan DPD.

“Di setiap pemilihan, kita membutuhkan surat suara sekitar 9.66.288 surat suara. Sehingga target kita tahapan sortir ini selesai antara 3 sampai 4 hari,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan tahapan sortir ini dalam rangka untuk mengetahui dan memastikan surat suara Pemilu nanti dalam kondisi baik atau layak.

“Kalau memang ada yang rusak dan tidak layak atau kekurangan cetak, maka kita akan mengajukan kekurangannya,” ucap.

Ia memaparkan, ciri – ciri surat suara yang tidak layak yakni, kondisinya sobek, mengkerut dan kusut. Kemudian seperti ada lubang atau terindikasi sudah dicoblos, termasuk warna tinta yang mana di bagian parpol yang warna hijau jadi biru atau merah berarti tidak layak.

“Terkait dengan titik atau cipratan tinta, kalau di luar area pencoblosan tidak apa-apa. Tapi kalau di dalam selama tidak mengenai nama partai nomor partai. Nama calon itu juga tidak apa-apa,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS