TUBAN, (Ronggo.id) – Perguruan Silat dan Bela Diri se-Kecamatan Grabagan kompak menjaga Kamtibmas melalui penandatanganan komitmen bersama, yang digelar di Pendopo Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, Rabu (12/10/2022).

Giat Penandatanganan bersama tersebut dihadiri langsung Kapolsek Grabagan, Iptu Darwanto, Danramil 0811/20, Kapten Inf Hasan Bisri, Camat Grabagan, Joko Suprianto dan Ketua Rantai Kerukunan Perguruan Silat (Rekat), Abdul Khohar.

Kemudian, Ketua dan perwakilan Ranting / PAC dari 5 Perguruan silat maupun bela diri se-Kecamatan Grabagan, meliputi, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), IKSPI-Kera Sakti, Pagar Nusa (PN), Pencak Organisasi (PO) serta WPP MMA.

Kapolsek Grabagan, Iptu Darwanto menjelaskan, bahwa agenda ini sesuai arahan dari Kapolres Tuban dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif di masing-masing wilayah dengan melibatkan peran serta insan pencak silat.

“Momentum kali ini sebagai upaya menjaga kondusifitas wilayah. Tak hanya tugas TNI, POLRI, perguruan silat juga punya tanggung jawab yang sama,” papar Iptu Darwanto dalam sambutannya.

Perguruan silat, kata Iptu Darwanto, pada prinsipnya merupakan wadah untuk menyalurkan bakat dalam bidang olahraga dan ajang untuk meraih prestasi, baik dikancah nasional maupun internasional.

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Grabagan, KH Sarwani mengingatkan kembali, bahwa pencak silat maupun bela diri merupakan warisan budaya yang harus tetap dilestarikan yang berpedoman dan menjunjung nilai-nilai luhur.

Kehadiran rekat, lanjut KH Sarwani, diharapkan menjadi media komunikasi dan silaturahmi lintas perguruan silat dan elemen masyarakat lain, dengan tujuan potensi-potensi konflik dapat dilokalisir, sehingga tidak sampai meluas.

“Jangan ada benturan antar perguruan silat khususnya di wilayah Kecamatan Grabagan, karena semua lahir di bumi pertiwi, satu saudara satu nusa dan bangsa,” tandasnya.

Sebatas diketahui, penandatanganan komitmen bersama itu turut dihadiri, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua Koni, Ketua Ipsi, Ketua Papdesi Kecamatan Grabagan. (Ibn/Jun).


Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS