, (Ronggo.id) – Komandan Kodim (Dandim) 0811/Tuban Letkol Inf Suhada Erwin meminta agar para prajurit TNI lebih peka terhadap dinamika yang berkembang menjelang tahun politik.

Hal itu disampaikan saat Upacara HUT TNI ke-78 yang dilaksanakan di Makodim Tuban, yang diikuti Jajaran Danramil, Perwira Staf serta Babinsa Kodim 0811/Tuban, Kamis (5/10/2023).

Dandim menjelaskan, Peringatan HUT TNI 2023 ini mengusung tema ‘TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju', yang memiliki makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara.

Lanjut Dandim, TNI berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena dalam waktu dekat Bangsa Indonesia menghadapi salah satu tantangan besar, yaitu Pemilu Serentak 2024,” terang Dandim.

Menurut Dandim, kesuksesan agenda pesta demokrasi 5 tahunan itu akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karenanya, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa.

“TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,” tuturnya.

Sebatas diketahui, Upacara HUT TNI ke-78 ini dihadiri pula Aditya Halindra Faridzky, Kapolres Tuban AKBP Suryono, Kepala kejaksaan Negeri Tuban Armen Wijaya, Ketua Pengadilan Negeri Tuban Arief Boediono, Ketua DPRD Tuban Miyadi serta jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tuban. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS