TUBAN, (Ronggo.id) – Hujan deras yang melanda Kawasan , Kabupaten Tuban menyebabkan jalanan di Desa Grabagan, tepatnya di Dusun Ledok Asri tergenang air. Akibatnya mobilitas warga sedikit terganggu, Rabu (13/10/2022).

Penuturan warga setempat, hujan terjadi sekitar pukul 15.00 Wib, berlangsung kurang lebih setangah jam. Saluran air yang buntu membuat air meluber hingga ke jalanan, “Kemungkinan gotnya buntu, jadi airnya meluber ke jalan raya,” jlentreh salah satu warga.

Sementara itu, Kepala Desa Grabagan, Marlin mengungkapkan, bahwa setiap kali turun hujan dengan intensitas tinggi dipastikan lokasi tersebut terendam banjir. Hal itu karena drainase tidak mampu menampung debit air. Sehingga, kata Marlin, perlu dilakukan pelebaran dan pembuatan drainase baru.

“Kita sudah minta kepada warga, untuk merelakan sedikit lahanya dipergunakan sebagai drainase baru, dan mereka bersedia. Bahkan, petugas dari dinas terkait juga sudah survey lokasi, informasinya bulan-bulan ini akan dikerjakan,” ungkapnya.

Senada, Camat Grabagan, Joko Suprianto mengatakan, jika dalam waktu dekat akan dibuat drainase agar air bisa mengalir, dan banjir tidak kembali terjadi, “Insyaallah tahun ini akan dibuat drainase, pembiayaanya bersumber dari dana APBD,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasam Permukiman (PUPR dan PRKP) Tuban, Agung Supriyadi menjelaskan, jika masih ada kendala, yaitu pembebasan lahan milik warga yang akan dijadikan atau dilewati drainase.

“Kabarnya ada warga yang belum mau lahanya dilewati saluran tersebut. Dulu waktu survey, pihak desa menyanggupi untuk memediasi. Sepertinya hingga saat ini belum ada perkembangan,” ujarnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS