TUBAN, (Ronggo.id), memberikan penghargaan kepada , dengan kategori kabupaten teraktif pada Patroli Sigap Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur (SIJALINMAJATARU) tahun 2023.

Penghargaan terbaik ke 3 se Jatim itu diserahkan langsung oleh Gubernur pada Upacara Gelar Pasukan dalam Rangka Peringatan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tingkat Provinsi Jawa Timur yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten , Rabu (8/3/2023).

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan agar personil Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar menjunjung tinggi profesionalisitas, humanis, dan integritas dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Etos kerja tersebut hendaknya dapat terus ditingkatkan mengingat pada tahun 2023 dan 2024 menjadi tahun politik. Karenanya, perlu untuk menjaga kerukunan dan guyub rukun antar warga.

Adapun tema yang diangkat dari Peringatan HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinasmas dan ke-104 Damkar dan Penyelamatan ini yakni ‘Mewujudkan wilayah Jatim yang tertib dan ramah investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan satuan pelindungan masyarakat serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang profesional'.

Ia menjelaskan, kondisi masyarakat yang kondusif akan mampu meningkatkan iklim investasi di Jawa Timur. Hal tersebut menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Terutama jajaran aparatur pemerintah harus menjadi teladan di lingkungan sekitarnya.

“Investasi menjadi salah satu jalan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Jawa Timur,” ungkap Gubernur Khofifah dalam keterangan resmi yang diterima .

Gubernur Jatim menyampaikan apresiasi, terimakasih dan rasa bangganya atas seluruh dedikasi pengabdian dalam mengemban tugas. Terutama dalam memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa aman, tertib, tenteram, dan kondusif kepada masyarakat.

Sekretaris Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Indra Gunawan mengatakan peran satpol turut serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Hal tersebut mendukung upaya Pemprov Jatim untuk meningkatkan investasi.

“Kesempatan ini menjadi momen bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” ujar Mantan Menteri Sosial ini.

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterima Kabupaten Tuban. Capaian ini menjadi jawaban atas kerja keras dan sinergitas bersama masyarakat Kabupaten Tuban.

“Prestasi ini menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya.

Menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Timur, Mas Lindra meminta seluruh aparatur menjadi percontohan dalam menjaga kerukunan masyarakat. Memasuki tahun politik, sosialisasi dan edukasi kepada masyakat perihal kerukunan antar warga akan dimasifkan. Menurutnya, sinergitas dan kolaborasi sangat diperlukan guna menyukseskan program membangun Kabupaten Tuban. Sehingga mampu menciptakan iklim investasi positif yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Tuban.

Untuk diketahui, Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Bina Adwil Kemendagri Indra Gunawan turut menyerahkan berbagai penghargaan. Diantaranya kepada Bupati Nganjuk, Walikota Malang dan Bupati Tuban. Penghargaan Pelaporan Data Terintegrasi Satpol PP Kab/Kota Tahun 2022 kepda Ka. Satpol PP Kab. Gresik, Ka. Satpol PP Kab. Bondowoso dan Ka. Satpol PP Kab. Jember.

Kemudian penghargaan Sinergitas dan Partisipasi Aktif Dalam Penyelenggaraan Ketertiban umum, ketentraman masyarakat, dan perlindungan masyarakat di Provinsi Jawa Timur yang diserahkan kepada Kogartap III Surabaya, Polda Jatim, Kalaksa BPBD Prov. Jatim, Direktur Baja Ringan Kencana, dan Direktur JTV. Serta Penghargaan Anggota Linmas yang mengabdi lebih dari 30 Tahun. Juga diserahkan Bantuan Beasiswa dari Gubernur Jawa Timur dan Kontribusi BAZNAZ Jatim dan Forkom Satpol PP. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS