Ronggo.id – Pengisian daya baterai merupakan tindakan rutin yang sederhana, tetapi kesalahan kecil dapat mengakibatkan masalah besar. Secara umum banyak yang tidak menyadari bahwa cara mengecas Smartphone dapat berpengaruh pada kekuatan daya .

6 Point yang Harus di Hindari Ketika Mengecas Smartphone :

Gunakan Charger Asli

Disarankan untuk menggunakan charger bawaan atau charger asli saat mengecas Smartphone, karena charger palsu atau kabel yang buruk dapat menyebabkan masalah pengisian daya dan merusak Smartphone Anda. Jika menggunakan ganti charger Smartphone, Pastikan tegangan output (V) dan arusnya (Ampere) sesuai dengan yang asli.

Jauhkan dari Air

Hindari mengisi daya Smartphone di dekat air atau dalam kondisi lembap, seperti di dekat bak mandi atau wastafel. Air dapat merusak perangkat Anda dan mengakibtakan resiko listrik.

Hindari Pengisian Semalaman

Meskipun banyak perangkat modern telah dilengkapi dengan fitur pengisian yang aman, mengisi daya semalaman tidak disarankan. Pengisian berlebihan dapat merusak baterai dan mengurangi masa pakai baterai dalam jangka panjang.

Matikan Perangkat saat Pengisian Daya

Hindari penggunaan perangkat saat diisi daya, karena hal ini dapat menyebabkan pengisian daya yang lebih lambat dan menyebabkan perangkat menjadi panas, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi masa pakai baterai dan kinerja umum.

Hindari Penggunaan Kabel Rusak

Jangan mengisi daya perangkat dengan kabel keadaan rusak akan tidak berfungsi dengan baik. Kabel yang rusak dapat menyebabkan masalah pengisian daya karena arus listrik yang berjalan tidak stabil dan bahkan berisiko mengakibatkan konsleting listrik.

Jangan Biarkan Daya Baterai Kosong atau Terlalu Penuh

Tidak disarankan untuk membiarkan daya baterai kosong hingga nol persen. Sebaiknya sisakan baterai sekitar 20 persen sebelum mengecasnya. Setiap kali Anda mengisi daya, pastikan baterai mencapai setidaknya 80 persen daya. Tidak perlu selalu mengisi ulang secara maksimal atau mencapai 100 persen.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS