TUBAN, (Ronggo.id) – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Tuban menyebabkan sejumlah pohon tumbang, diantaranya menimpa rumah warga hingga mengakibatkan kerusakan cukup parah, Sabtu (13/8/2022).

Lokasi pertama berada di Dusun Ketapang, Desa Campurejo, Kecamatan Rengel. Sebuah pohon randu berukuran besar tiba-tiba roboh usai diterjang hujan deras yang berlangsung sejak pukul 15.00 Wib.

Kepala BPBD Tuban Sudarmaji mengatakan, pihaknya bergegas mendatangi lokasi kejadian setelah menerima informasi dari seorang perangkat desa sekitar pukul 16.00 Wib terkait adanya pohon tumbang yang menimpa rumah warganya bernama Arum Khotijah (37).

Bersama dengan Tim Tagana, Trantib Kecamatan Rengel, Perangkat Desa serta dibantu warga setempat, petugas akhirnya berhasil mengevakuasi pohon randu yang diketahui memiliki diameter 60 centimeter dengan tinggi 30 meter.

“Penyebab pohon tumbang dikarenakan hujan deras yang disertai angin kencang, ditambah kondisi akar pohon juga sudah rapuh,” katanya.

Lebih lanjut, Sudarmaji menjelaskan, jika rumah Arum Khotijah mengalami kerusakan pada bagian ruang makan dan kamar mandi. Disamping itu, bagian dapur yang dindingnya terbuat dari sesek bambu beserta perabotan memasak didalamnya turut hancur berantakan.

“Untuk korban jiwa nihil, akan tetapi pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian mencapai 8 juta,” terangnya.

Berikutnya, mantan Kadis PRKP Tuban itu menyebut, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Pantura, tepatnya di Dusun Ketapang, Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo. Bahkan arus lalu lintas sempat tersendat lantaran batang pohon menutup sebagian jalan raya.

“Pohon yang roboh sudah dievakuasi dan dibersihkan, sehingga jalan sudah bisa dilewati kendaraan,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS