TUBAN, () – Memperingati ke – 94 Tahun, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar Upacara di Alun – alun, Tuban, yang dihadiri Forkopimda Tuban, Sekda Tuban, Budi Wiyana, dan pimpinan OPD serta diikuti organisasi kepemudaan, mahasiswa, hingga pelajar, Jumat (29/10/2022).

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky sebagai inspektur upacara mengungkapkan, Hari Sumpah Pemuda tahun ini menjadi momentun untuk meneguhkan kembali semangat kebhinekaan generasi penerus bangsa.

“Persatuan dan kesatuan menjadi modal berharga pembangunan, selaras dengan tema Hari Sumpah Pemuda kali ini, yakni Bersatu Bangun Bangsa,” seru Mas Bupati.

Mas Bupati mengajak, agar pemuda terus berkarya, mengoptimalkan kemampuannya untuk meraih prestasi. Sebaliknya, pemuda diminta tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan, seperti halnya bullying atau persekusi yang sering kali terjadi di kalangan pemuda.

“Hal ini sebagai pengejawantahan makna Sumpah Pemuda sekaligus bentuk penghormatan atas pengorbanan para pendahulu bangsa,” ujarnya.

Mas Bupati menyebut, pemuda menjadi kekuatan utama penggerak kemajuan dan memiliki andil besar dalam pembangunan bangsa Indonesia. Maka sudah sepatutnya, tongkat estafet yang diserahkan oleh generasi sebelumnya di jawab dengan karya nyata, termasuk di Kabupaten Tuban.

“Pemuda harus mampu menjawab tantangan tersebut dengan mengharumkan tanah kelahirannya di tingkat regional hingga nasional,” tegasnya.

Sementara, bagi Ricky Rahardian Subagyo, siswa SMAN 1 Tuban yang juga sebagai anggota Pasibraka 2022, Hari Sumpah Pemuda merupakan momen untuk mengenang perjuangan pemuda terdahulu.

“Sehingga pemuda harus memiliki niat dan tekad yang kuat dalam membangun bangsa. Karena Pemuda akan menjadi pemimpin di masa depan,” tuturnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS