TUBAN, (Ronggo.id) – Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tuban menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke- 62 tahun, Senin (26/9/2022).

Upacara berlangsung di halaman Kantor ATR/BPN Kabupaten Tuban di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Latsari No.49, yang diikuti kurang lebih 130 pegawai Kantor Agraria ATR/BPN Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 5 pegawai menerima anugerah dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor ATR/BPN Tuban.

Penganugerahan tersebut sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya kepada Negara, Pancasila, khususnya bagi Kantor ATR/BPN Tuban, dengan masa bakti selama 10 hingga 30 tahun.

Satyalancana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada Lalu Riyanta, Muhammad Masrofin dan Sumarni. Sedangkan Satyalancana Karya Satya 10 tahun diterima M. Misqi dan Wenita Dyah Rahayu.

Kepala ATR/BPN Tuban, Roy Eduard Fabian Wayoi yang bertindak sebagai pembina upacara membacakan amanat dari Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto. Hantaru tahun 2022 ini mengusung tema “Kementrian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh”.

Dengan maksud mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perijinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif, dan efesien.

“Sejalan dengan tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden, mari kita bersama-sama melaksanakan percepatan pendaftaran tanah melalui PTSL, penyelesaian sengketa tanah dan konflik pertanahan dengan reforma agraria serta pemberantasan mafia tanah. Ketiga, mendukung penuh percepatan pembangunan Ibukota Nusantara,” papar Roy panggilan karib Roy Eduard Fabian Wayoi.

Lebih lanjut, Roy menyampaikan selamat kepada seluruh insan tata ruang dan pertanahan yang hari ini merayakan Hantaru.

“Semoga dengan momentum peringatan Hantaru kali ini,  kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta, serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” tegasnya.

Hantaru Ke- 62 Tahun, 5 Pejabat BPN Tuban Raih Satyalancana Karya Satya dari Presiden
baru Kantor ATR/BPN Tuban oleh Kepala BPN Tuban, Roy Eduard Fabian Wayoi, (Foto: Istimewa).

Usai pelaksanaan upacara, Roy didampingi jajaranya meresmikan loket pelayanan baru, diharapkan dengan tata letak loket yang strategis dan representatif, dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada masyarakat.

“Peresmian loket bukan sekedar ceremonial, tetapi penggunaanya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Roy usai pemotongan pita peresmian loket.

Tak lupa, Roy menghimbau masyarakat agar mengurus segala urusan pertanahan secara mandiri. Khusus PTSL, mantan Kepala Kantah Jayapura itu berharap, stake holder terkait mendukung percepatan PTSL, termasuk peran aktif masyarakat dalam mempersiapkan kelengkapan berkas.

“Kerjasama dari masyarakat sangat kita butuhkan, tentunya bukan hanya setor KTP dan PBB, namun data dan bukti kepemilikan lain, sehingga dapat segera di proses untuk diterbitkan sertipikat,” tandasnya.

Sebagai rangkaian Hantaru ke-62 tahun, Kantor ATR/BPN Tuban menggelar bakti sosial ke sejumlah panti asuhan dan donor darah. Selain itu, puncak acara akan dilaksanakan kegiatan jalan sehat serta Bazar UMKM yang rencananya dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS