TUBAN, () – Gegara kabur dari kandang, seekor anak sapi atau pedet ditemukan nyemplung ke dalam sumur di Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jumat (16/9/2022).

Beruntung sapi jenis brahma yang berusia 1 tahun tersebut masih bisa lolos dari maut, kendati begitu, beberapa bagian tubuhnya mengalami luka-luka.

Kepala Bidang Damkar (Satpol PP dan Damkar) Tuban, Sutaji menjelaskan, peristiwa sapi nyemplung ke sumur itu pertama kali diketahui oleh pemiliknya, yaitu Sholeh (53), warga Desa Kedungrojo, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Saat itu, sekitar pukul 04.30 Wib, Sholeh yang hendak memberi makan sapinya dibuat terkejut lantaran hewan peliharaanya tersebut tidak berada dikandang.

“Dikira hilang dicuri maling, karena sapinya tidak ada di kandang,” kata Sutaji.

Dengan kondisi panik, Sholeh lantas melakukan pencarian. Tak lama kemudian, ia pun mendapati sapinya sudah berada didalam sumur yang berjarak 1 meter dari kandang, dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Dimana posisi kepala sapi mengapung di air dan sebagian tubuhnya tenggelam.

“Pemilik sapi tersebut langsung mendatangi rumah saya, karena kebetulan masih tetangga sendiri. Ia meminta bantuan untuk mengevakuasi sapi yang yang tercebur,” tutur Sutaji.

Selanjutnya, Sutaji menghubungi petugas dari unit Damkar. Usai tiba dilokasi, petugas dibantu warga sekitar kemudian melakukan proses evakuasi dengan cara mengikat badan sapi dengan tali tampar yang sudah dikaitkan dengan bambu.

Meski sempat kesulitan, sekitar pukul 07.00 Wib, petugas dan warga akhirnya berhasil mengangkat sapi keatas dalam keadaan masih hidup.

“Alhamdulillah, evakuasi berjalan dengan lancar dan berhasil mengangkat sapi tersebut dari dalam sumur,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS