, () – PT (PRPP) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Early Work Grass Root Refinery (GRR) Tuban menggelar Program Edukasi Lingkungan Sekolah (Persada) dibeberapa Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah ring perusahaan.

Kegiatan yang berlangsung selama satu minggu, yakni mulai (15-24/11) itu diikuti oleh 591 siswa dari 6 sekolah dasar, SDN Sumurgeneng 01, SDN Sumurgeneng 02, SDN Rawasan, SDN Mentoso, SDN Wadung, serta SDN Beji 01 dalam rangka menyambut Hari Jadi ke- 6 yang akan jatuh pada (28/11) mendatang. 

Corporate Affairs PRPP, Yuli Witantra menyatakan pentingnya peran generasi muda yang akan berperan sebagai garda depan untuk mendukung pelestarian lingkungan di masa mendatang. Maka itu, para siswa mendapatkan edukasi mengenai lingkungan hidup mengenai pengelolaan sampah dan konservasi lingkungan hidup. 

“Penting sekali untuk menumbuhkan kecintaan lingkungan kepada para generasi muda karena merekalah yang akan menjadi ujung tombak dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan di masa mendatang. Oleh karena itu kami menginisiasi program ini untuk diselenggarakan di sekolah dasar karena kami meyakini bahwa pendidikan lingkungan krusial untuk dikenalkan sejak usia dini,” ungkap Yuli Witantra di sela-sela kegiatan Persada di SDN Beji 01, Jumat (24/11/2023).

Selain memberikan edukasi tentang pelestarian lingkungan, pihak perusahaan juga memberikan bantuan 500 bibit tanaman yang didistribusikan kepada enam sekolah tersebut.

“Melalui program ini diharapkan tumbuh kepedulian adik-adik kita terhadap lingkungan dan tergerak untuk terlibat secara aktif dalam pelestarian lingkungan, mulai dari hal yang sederhana dulu di rumah melalui kesadaran membuang sampah di tempat yang benar hingga merawat tanaman di sekitar rumah dan sekolah,” terangnya. 

Ditempat yang sama, Presiden Direktur PRPP, Reizaldi Gustino mengungkapkan bahwa program penanaman pohon ini merupakan langkah konkret perusahaan terhadap upaya pelestarian lingkungan sekaligus pengembangan sumberdaya manusia, khususnya terhadap masyarakat di Kabupaten Tuban. 

“Setelah tahun sebelumnya kami hanya fokus menyelenggarakan program penanaman, maka tahun ini kami mencoba mengubah pendekatan program pelestarian lingkungan dengan menambahkan aspek edukasi. Program ini tentu saja menyentuh dua aspek sekaligus, yaitu aspek pelestarian lingkungan melalui bantuan bibit tanaman serta aspek pengembangan sumber daya manusia melalui edukasi,” kata Reizaldi Gustino. 

Dirinya berharap agar program tersebut dapat diterima dengan baik sekaligus bisa dimanfaatkan oleh seluruh  masyarakat, terutama pihak terkait dan tentunya seiring dengan perkembangan Proyek GRR Tuban. 

“Harapannya ke depan, PRPP dan tim KPI – Proyek GRR Tuban akan terus mengembangkan program-program sejenis dengan manfaat yang lebih luas untuk masyarakat Tuban,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SDN Rawasan, Sampurno mengaku berterima kasih dan memberikan apresiasi terhadap perusahaan atas komitmennya dalam pengembangan program pelestarian lingkungan perusahaan. Pelaksanaan Persada ini selaras dengan program Adiwiyata yang diikuti oleh pihak sekolah. 

“Alhamdulillah, momen kegiatan Persada ini tepat pas ada lomba Adiwiyata di Kabupaten Tuban dan SD kami dapat juara 1. Maka itu, saya mewakili SDN Rawasan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya,” pungkasnya. 

Sebatas diketahui, Program Persada merupakan program pelestarian lingkungan lanjutan oleh PRPP dan KPI – Proyek GRR Tuban setelah sebelumnya pada tahun 2022 dilakukan penanaman 2,800 bibit tanaman di Bukit Wilis Desa Suwalan, Kecamatan Jenu. 

Tidak hanya itu, di tahun 2021, perusahaan juga  penanaman 20,000 bibit cemara laut di pantai yang terletak di 3 desa Kecamatan Jenu, yaitu Desa Purworejo, Mentoso, dan Jenu. Secara spesifik program pelestarian lingkungan ini merupakan komitmen Perusahaan terkait pemenuhan Sustainable Deveopment Goals (SDG's), khususnya SDG's (13) Penanganan Perubahan Iklim dan (15) Menjaga Ekosistem Darat. (Ibn/Jun). 

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS