, (Ronggo.id) – Perusahaan asal Rusia, Rosnef dikabarkan sulit mengucurkan investasi untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) atau , yang berlokasi di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Kabar itu mencuat ditengah rencana pembebasan lahan atau pengadaan tanah untuk pembangunan jalan dalam rangka pembangunan Kilang Tuban.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, sejauh ini Rusia masih diterpa berbagai persoalan serius dampak dari invasi Rusia ke Ukraina, mulai dari blokade, persoalan ekonomi hingga geopolitik.

“Rusia kan kena masalah geopolitik, dan kesulitan untuk investasi,” beber Airlangga di Istana Kepresidenan, Kamis (5/10/2023) dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

Karenanya, pihaknya meminta kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk memastikan, dan mencari investor lain.

“Refinery-nya diperlukan, tetapi investornya bisa dicarikan investor yang lain,” katanya.

Kendati demikian, Airlangga menegaskan bahwa proyek pembangunan Kilang Tuban tetap masuk daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

“PSN-nya masih in karena proyeknya masih in, cuma partnernya yang harus dicarikan baru,” tegasnya.

Diketahui, PT Pertamina belakangan ini getol melakukan sosialisasi pengadaan tanah untuk pembangunan jalan dalam rangka pembangunan Kilang Tuban.

Terbaru, kegiatan sosialisasi berlangsung di Hotel Mustika Tuban, yang dihadiri Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tuban, para kepala desa dan warga di empat desa terdampak, Rabu (4/10/2023).

Dalam sambutannya, Manager Land Acquisition, Asset Management PT Pertamina (Persero), Ferri Setyo Pambudi, meminta agar dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan proyek Kilang Tuban ini diharapkan mendapatkan support dari pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kami berharap agar kegiatan ini dan selanjutnya bisa berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik. Kami juga mohon support kepada masyarakat, apabila ada kendala, bisa segera dikoordinasikan, sehingga pekerjaannya bisa terlaksana dengan baik,” ungkapnya.

(Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS