Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, (Ronggo.id) – Warga Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban menggelar aksi unjuk rasa di Balai Desa setempat. Mereka menuntut agar seleksi perangkat desa diulang lantaran dinilai penuh kejanggalan, Kamis (23/11/2203).

Sambil membentangkan sejumlah poster, warga menuntut agar panitia pengisian perangkat desa memberikan penjelasan atas berbagai kejanggalan selama proses seleksi perangkat desa ini berlangsung.

Situasi sempat memanas tatkala massa aksi yang juga peserta seleksi perangkat desa ini tidak ditemui kepala desa.

Pada kesempatan itu, massa aksi mengungkapkan sejumlah kejanggalan seleksi perangkat desa yang dilakukan secara mandiri oleh Pemerintah Desa Sokosari, dengan mengandeng Universitas Wijaya Kusuma (WK) Surabaya sebagai pihak ketiga.

Dalam seleksi pengisian perangkat desa ini, ada 5 formasi atau lowongan yang dibuka, yakni kaur tata usaha dan umum, kepala dusun, kasi pemerintahan, kasi kesra, dan kasi pelayanan, yang diikuti sekitar 86 peserta.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

Korlap aksi, Asof membeberkan, berdasarkan hasil ujian yang telah diumumkan, 5 peserta yang memperoleh nilai tertinggi dari masing – masing formasi, semuanya merupakan peserta dengan nomor urut satu yang kebetulan mendaftar secara bersamaan, diantaranya adalah putra sang kepala desa.

“Selain itu, hasil ujian 5 anak (peserta) yang lolos ini sangat fantastis, terpaut jauh dibandingkan dengan peserta lain, selisihnya antara 20 sampai 25 poin,” bebernya.

Lanjut Asof, ujian praktek yang seharusnya satu soal nilainya 1,25 justru saat dijumlahkan nilai peserta yang dinyatakan lolos ini tidak sesuai. Selain itu, ia menganggap bahwa panitia melanggar peraturan terkait dengan penunjukan saksi.

“Kita menginginkan test diulang secara jujur. Persoalan ini akan kita teruskan dengan dinas terkait,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa Sokosari, Suprapto menjelaskan, terkait nilai ujian yang diprotes oleh massa aksi bukan kewenangan panitia, melainkan pihak ketiga.

“Nilai itu menjadi tanggungjawab sepenuhnya pihak ketiga,”  ucap Suprapto singkat. (Ags/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI