JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam menjalankan tugasnya memerlukan dukungan serta kerja sama lintas sektor, termasuk juga Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Bentuk kerja sama Kementerian ATR/BPN dapat dilakukan dengan memfasilitasi pembenahan aset serta pengadaan tanah, terutama untuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Salah satu bentuk kerja sama pengadaan tanah dilakukan Kantor Pertanahan Kabupaten dalam rangka mendukung pembangunan PSN di wilayahnya, yaitu proyek New Grass Root Refinery atau .

Dalam hal ini, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra mengapresiasi Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban yang baru saja mendapat penghargaan dari PT atas dukungan dan kerja samanya dalam PSN tersebut.

“Saya kira yang terjadi di Tuban ini satu terobosan yang baru lagi, yang memberikan informasi tambahan bahwa banyak nih teman-teman bekerja di berbagai daerah di Indonesia untuk negara, bahkan mendapat apresiasi penghargaan. Ini sebuah prestasi. Saya berharap lebih banyak kantor kita berprestasi dan diakui,” ujar Surya Tjandra di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Kamis (21/04/2022).

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban, Roy Eduard Fabian Wayoi menyampaikan, penghargaan tersebut didapat berkat kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Proses pengadaan tanah untuk proyek kilang minyak tersebut dilaksanakan sejak 2020 dan sudah hampir seluruhnya terselesaikan.

“Harapan kita, dengan penghargaan ini bisa lebih meningkatkan sinergi antar lembaga. Kita sudah sepakat juga membentuk satu tim untuk evaluasi secara rutin. Dalam waktu dekat kita rencanakan untuk sertipikasi aset PT Pertamina tersebut, dan kita sudah koordinasi untuk proses sertipikasinya,” tutur Roy Eduard Fabian Wayoi kepada .

Ia menambahkan, penghargaan tersebut juga diharapkan menjadi motivasi, khususnya bagi Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban bahwa pengadaan tanah harus dikerjakan sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

“Proses yang kita lewati dan dapat dikatakan berhasil sebagian besar, beberapa lainnya kita targetkan selesai, baik dengan Perhutani maupun KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, red),” paparnya.

Piagam Penghargaan kepada Kantor Pertanahan Tuban atas Pengadaan Lahan Pertamina diserahkan oleh Noviandri selaku Vice President Asset Optimization & Development didampingi Manajer Land Acquisition Ronald Purba beserta jajaran Direksi PT Pertamina Land Acquisition Direktorat Penunjang Bisnis.

Penyerahan Apresiasi yang dilaksanakan di Hotel Grand Mahakam, Jakarta itu diterima langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban, Roy Eduard Fabian Wayoi bersama dengan Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) Lalu Riyanto dan juga Kepala Seksi Pengadaan Pertahanan Sunarto, Kamis (21/4/2022).

Usai Penyerahan piagam penghargaan, VP Asset Optimization & Development Noviandri dalam sambutanya mengapresiasi kesuksesan yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban atas upaya pengadaan lahan yang dipergunakan sebagai pembangunan Kilang Minyak terbesar di Asia Tenggara.

“Kami dari PT Pertamina Persero Holding mengucapkan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Tuban yang telah memberikan support dalam kegiatan pembebasan lahan untuk kebutuhan Proyek Strategis Nasional terkait dengan pembangunan kilang minyak NGGR Tuban,” ungkap Noviandri yang kala itu duduk bersebelahan dengan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tuban.

Noviandri kembali menegaskan, pembebasan lahan dengan luas mencapai 831 hektare, yang terdiri dari lahan Perhutani 126,73 hektare, Kemudian lahan KLHK 328,78 hektare dan juga lahan warga 377,16 hektare menjadi prestasi yang gemilang sebagai bentuk dukungan serius Kantor Pertanahan Tuban terhadap proyek milik Pemerintah.

“Bahwa proses penyerahan lahan tersebut dengan luas yang sangat besar, tentu merupakan support yang amat berarti bagi PT Pertamina,” tegasnya.

Sebagai informasi, Kementerian ATR/BPN membebaskan tanah seluas 831 hektare dengan dukungan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan terkait.

Adapun penghargaan atas dukungan dan kerja sama dalam proses pengadaan tanah proyek New Grass Root Refinery Tuban sebagai PSN diserahkan langsung oleh Noviandri, Selaku Vice President Asset Optimization & Development beserta jajaran Direksi PT Pertamina (Persero). (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS