Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, (Ronggo.id) –  Kebakaran lahan kosong area proyek Kilang Tuban atau GRR yang berdekatan dengan Perumahan Relokasi Warga Jatimulyo, Desa Sumurgeneng tak dilaporkan kepada petugas pemadam kebakaran (Damkar) Tuban, Sabtu (30/9/2023).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Satpol-PP dan Sutaji mengaku tidak mendapatkan laporan dari pihak terkait peristiwa kebakaran di lahan kosong tersebut.

“Tidak ada laporan dan baru diinformasikan setelah api padam,” ujar Sutaji saat dikonfirmasi.

Sutaji menjelaskan, upaya pemadaman dilakukan internal GRR Tuban dengan mengerahkan 1 unit armada Damkar bantuan dari Pertamina Cilacap, disokong 1 armada TBBM serta 1 armada dari TPPI.

“Sekitar pukul 8 malam api dan bara api telah berhasil dipadamkan sepenuhnya,” terangnya.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

Menurut Sutaji, kebakaran tersebut tidak cukup mengkuatirkan, alasannya karena tidak ada pemantik yang berpotensi menjadikan kebakaran tersebut membesar seperti kebakaran beberapa waktu lalu.

“Kalau kebakaran kecil yang bisa dipadamkan sendiri ya ditangani mereka sendiri. Berbeda dengan kebakaran yang dulu ada kayu tebangan yang menyebabkan api semakin membesar,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Jenu Iptu Rianto mengungkapkan, berdasarkan keterangan dari warga setempat, awal kebakaran tersebut berasal dari lahan di sisi selatan Perumahan Warga Relokasi Jatimulyo, Desa Sumurgeneng.

“Kemudian api menyebar ke arah lahan Relokasi GRR Pertamina,” ungkapnya.

Mengetahui hal itu, kata Rianto, tim security GRR mencoba memadamkan api dengan menggunakan mobil siaga pemadam. Namun air tidak dapat menjangkau keseluruhan lahan yang terbakar, kendalanya lantaran tidak ada jalur yang dapat dilalui menuju titik api. Selanjutnya didatangkan armada damkar bantuan dari perusahaan sekitar.

“Untuk sementara api sudah dapat di padamkan dengan bantuan mobil pemadam kebakaran tersebut. Namun masih ada beberapa titik yang masih mengeluarkan asap,” katanya.

Rianto menyebut, diduga api berasal dari pembakaran sampah dan ranting-ranting di lahan pertanian yang masuk wilayah Kecamatan Merakurak, lalu api menjalar ke lahan area proyek GRR.

“Tidak ada kerugian materiil dan juga tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun media ini, bahwa kebakaran lahan kosong proyek GRR Tuban yang berada di sebelah barat Perumahan Warga Relokasi Jatimulyo, Desa Sumurgeneng itu terjadi sejak siang hari. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI