, (Ronggo.id) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menghimbau bagi calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci supaya membawa barang secukupnya didalam koper.

Himbauan itu disampaikan Kepala Kantor , Ahmad Munir saat pengumpulan koper milik calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 18 dan 19 di Kantor Kemenag setempat, Senin (29/5/2023).

Munir mengungkapkan, jika tahun lalu koper jemaah bisa mengembang dan mampu menampung hingga berat 35 kilogram, berbeda dengan sekarang ini yang didesain maksimal untuk kapasitas berat 20 kilogram.

“Koper yang sekarang berbahan dari plastik dan ukurannya lebih kecil. Kalau dipaksakan diisi melebihi kapasitas bisa jebol,” beber Munir.

Selain itu, lanjut Munir, para jemaah diminta tidak memasukan benda-benda terlarang didalam koper. Karena apabila diketahui oleh petugas maka akan merepotkan.

“Jangan sampai ada barang-barang yang sekiranya sampai dibongkar karena bisa menyulitkan,” tegasnya.

Munir menjelaskan, setelah tahapan proses pengumpulan koper beres, ratusan koper tersebut selanjutnya di berangkatkan menuju ke Surabaya.

“Kalau sudah klir, nanti malam koper-koper ini lebih dulu diberangkatkan,” terang pejabat asal itu.

Diketahui, calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 18 dan 19 tercatat sebanyak 890 jemaah, rencananya bertolak menuju ke Surabaya pada Selasa (30/5/2023) besok.

Sementara, untuk kloter 24 yang berjumlah 327 jemaah direncanakan berangkat bersamaan dengan calon jemaah haji asal Lamongan.  (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS