– Kartu BPJS Kesehatan resmi menjadi salah satu dokumen yang perlu dipersiapkan saat transaksi jual beli tanah atau peralihan hak milik, ketentuan ini mulai berlaku 1 maret 2022.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sebagai implementasi Intruksi Presiden (Inpres) No 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanakan Program Jaminan Kesehatan Nasional disebutkan, pemohon pendaftaran peralihan hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun akibat jual beli merupakan peserta aktif dalam program jaminan kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Badan Pertanahan Nasional Tuban, Roy Edward F. Wayoi membenarkan, per 1 maret  jual beli tanah wajib melampirkan kartu BPJS Kesehatan, namun demikian syarat tersebut dikecualikan bagi pemilik tanah.

“Saat ini sudah mulai dijalankan dan telah disampaikan kesetiap notaris, dalam akta jual beli tanah, pihak pembeli harus sebagai peserta aktif BPJS,” kata Roy saat dikonfirmasi , Rabu (2/3/2022).

Agar aturan ini dapat segera diketahui publik, ia berharap Pemerintah Daerah maupun Aparatur Desa turut memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai prosedur yang sekarang berlaku.

“Minggu-minggu kedepan bakal disosialisasikan kepada masyarakat, bahwa BPJS harus dilengkapi pada saat pembuatan akta jual beli,” jelasnya.

“Kalaupun belum terdaftar, nanti kita arahkan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Tujuanya juga untuk memastikan masyarakat terlindungi ketika membutuhkan layanan medis,” imbuhnya.

Terkait pembebasan lahan yang akan digunakan proyek pembangunan , Roy optimis jika sebagian besar warga terdampak sudah terdaftar sebagai peserta JKN, sehingga adanya persyaratan BPJS tidak akan menjadi kendala serius, bahkan tidak perlu dikuatirkan.

Apalagi, proyek yang rencananya mulai dikerjakan tahun 2023 merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), sehingga dalam hal ini posisi pemerintah adalah sebagai pembeli lahan milik warga.

“Karena berbadan hukum, maka kepesertaan JKN dari perwakilan Direksi atau pengurus yang ditunjuk,” tandasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS