– Bencana longsor terjadi di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, tepatnya di Dusun Sarang, , peristiwa alam itu menyebabkan bangunan milik warga rusak parah hingga pemilik rumah terpaksa harus mengungsi.

Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang sekitar pukul 15.00 Wib, sebagai pemicu arus sungai di desa setempat mengalir deras dan membuat tanah di sekitar lokasi ikut ambles, Senin (7/3/2022).

“Diperkirakan, tanah yang ada di bantaran sungai terkikis arus sungai yang deras,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Darmaji saat dikonfirmasi .

Akibatnya, 4 rumah milik warga, masing-masing milik Sumarno, Narto dan Nurkholis mengalami kerusakan yang cukup parah. Diantaranya pada kamar mandi serta dapur menjadi miring dan hampir roboh.

Sedangkan, kerusakan berat lainya berada dirumah milik Khoirul Anwar, dimana sebagian kamar tidur hampir jebol karena longsor.

“Untuk kerugian sampai saat ini masih dalam tahap dihitung, yang pasti tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Berkaca dari kejadian tersebut, pihaknya meminta kepada masyarakat, khususnya yang berdekatan dengan sungai agar meningkatkan kewaspadaan, terlebih belakangan ini curah hujan masih tinggi. Apalagi peristiwa yang serupa sebelumnya juga pernah terjadi, yakni di tahun 2020 silam.

“Kami sarankan kepada masyarakat dibibir sungai untuk sementara ini mengungsi ke rumah tetangga maupun kerabat yang lebih aman,” tandasnya.

Disamping rumah warga, beberapa fasilitas umum juga ikut terdampak, salah satunya jembatan poros desa yang merupakan akses utama lalu lalang masyarakat.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS