– Bencana Angin Puting Beliung menerjang kawasan padat penduduk di Tuban, tepatnya di Dusun Soco, , Kecamatan Jenu. Akibatnya, sejumlah bangunan mengalami kerusakan, Kamis (19/5/2022).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji menyampaikan, peristiwa angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.45 Wib tersebut diketahui setelah mendapat laporan dari pihak Pemerintah Desa setempat.

“Kami secara langung bersama dengan pemerintah Desa dan Forkopimca pp lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan pendataan,” katanya saat dikonfirmasi .

Dari data yang diperoleh di lapangan, Sudarmaji merinci, ada 5 rumah warga yang terdampak, antara lain rumah milik Nasrip (59), Masiran (45), Didik Hariyanto (48), Wasiran (45) dan rumah milik Junaedi (55).

“Ada 1 rumah rusak sedang, sedangkan 4 rumah lainya rusak dengan kriteria ringan, dan rata-rata atap berjatuhan,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Socorejo Zubas Arief Rahman Hakim menyebut, tak hanya rumah warga, bangunan lain seperti kandang ternak, warung serta atap Masjid, pagar sepanjang 30 meter yang berada di Kawasan Industri Tuban (KIT) juga tak luput dari hempasan angin kencang.

“Meski tak ada korban jiwa, namun kerugian secara materiil diperkirakan mencapai 155 juta,” jelas Mantan Aktivis PMII itu.

Selanjutnya, pihaknya akan segera melakukan upaya perbaikan terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh angin puting beliung berdasarkan data yang diperoleh dititik lokasi bencana.

“Sesuai hasil koordinasi dengan pihak terkait, bangunan milik warga terdampak bencana, secepatnya akan diperbaiki,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS