TUBAN, (Ronggo.id) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban mengajak insan media di Bumi Ronggolawe  turut mengawal tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

Hal tersebut, disampaikan Ketua ketika menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama sejumlah awak media disalah satu Hotel di Tuban, Rabu (12/10/2022).

Ketua Bawasalu Tuban, Sullamul Hadi mengatakan, saat ini tahapan pemilu serentak 2024 memasuki proses verifikasi partai politik calon peserta Pemilu, dan baru akan ditetapkan dipenghujung tahun ini.

Nantinya, masih kata Sullamul Hadi, peran media diharapkan maksimal melakukan pengawalan dalam tahap-tahapan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

“Antara media dan Bawaslu bisa saling melengkapi terutama dalam hal informasi. Karena, salah satu fungsi penting dari media memberikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Selain menyajikan informasi yang akurat, tutur Sullamul Hadi, pemberitaan di media juga bisa menjadi rujukan awal bagi Bawaslu apabila terjadi dugaan pelanggaran.

“Penekanan dari kegiatan ini lebih kepada peran media untuk melakukan pengawalan, pengawasan bersama Bawaslu sesuai kewenangan masing-masing,” imbuh Gus Hadi panggilan Akrab Ketua Bawaslu Tuban.

Kedepanya, Gus Hadi berharap sinergitas antara Bawaslu dan media bisa tetap terjaga, Bawaslu menurut Gus Hadi selalu membuka diri, melalui sharing informasi, termasuk terhadap pemberitaan-pemberitaan hasil pengawasan.

“Harapannya, usai kegiatan ini bisa lebih bersinergi untuk kegiatan-kegiatan pengawasan. Kita berharap media bisa memberikan sumbangan informasi, tidak hanya kepada Bawaslu, terutama kepada masyarakat,” tutupnya.

Kegiatan sosialisasi yang menyasar awak media tersebut, turut dihadiri Kasat Intelkam , AKP Dartok, sebagai narasumber mantan Kasat Intelkam Polres Jember itu memaparkan secara umum situasi, peta politik dan kerawanan Pemilu di Kabupaten Tuban. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS