, (Ronggo.id) – Koramil 0811/12 Bancar mengerahkan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai atau kali yang berlokasi di Bulu Komplek, yakni Desa Bulu Jowo, Desa Bulu Meduro dan Desa Boncong, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jumat (15/12/2023).

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi banjir akibat tumpukan sampah atau lumpur yang menyebabkan sungai menjadi dangkal.

Dalam kegiatan normalisasi ini, Koramil yang berada di ujung kulon wilayah Kabupaten Tuban ini menggandeng Dinas PU Tuban, Personil Polsek dan dibantu warga sekitar.

Danramil 0811/12 Bancar, Kapten Arh Ali Mubdi menyatakan, normalisasi kali di area Bulu Komplek ini menindaklanjuti keluhan warga. Dengan upaya ini diharapkan aliran sungai kembali lancar, sehingga tidak menimbulkan genangan air yang bisa memicu terjadinya banjir.

“Harapannya dengan normalisasi ini, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi air tidak sampai meluap ke pemukiman warga ataupun menggenangi areal persawahan di Desa tersebut,” tutur Danramil saat di lokasi.

Penggunaan alat berat excavator bertujuan, agar lumpur serta tanaman liar yang selama ini menutupi penampang sungai yang dapat menghambat arus air bisa dibersihkan dan singkirkan.

Lanjut Danramil, tujuan jangka panjang dari normalisasi ini, agar wilayah sekitar Bulu Komplek terbebas dari bencana banjir.

“Paling tidak dibutuhkan waktu 1 hingga 2 hari untuk menyelesaikan normalisasi sungai atau kali di 3 (tiga) Desa tersebut,” terangnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS