SITUBONDO, () – Dalam rangka mengamankan tahapan pendaftaran Pemilu serentak 2024, menyiagakan personil di sejumlah lokasi, diantaranya, Gudang Logistik Pemilu, Kantor KPU dan Bawaslu.

Selain itu, personil juga disebar di jalur pantura, dan di beberapa lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Situbondo.

Selama tahapan pendaftaran Pemilu yang dimulai 19 hingga 28 November, ada 56 personil yang diterjunkan, terdiri Kesatuan Binaan Masyarakat, Intelijen, Samapta dan Satuan Lalu Lintas.

Kepala Bagian Operasional Polres Situbondo, Kompol Agus Widodo menyampaikan, seluruh fungsi kepolisian berbagi peran dalam pengamanan Pemilu 2024. Dalam hal ini Satlantas mengedukasi pengendara agar tertib berlalu lintas dalam rangka mendukung pengamanan Pemilu.

Kemudian, Samapta bersiaga di sejumlah obyek vital seperti kantor KPU, Bawaslu dan gudang logistik Pemilu. Intelijen memiliki tugas untuk melakukan pemetaan potensi kerawanan. Sedangkan Binmas mengedukasi pemilih pemula agar cerdas dalam memberikan hak pilih.

“Personel kita siagakan secara otomatis dan dinamis. Misalnya, samapta di jalan raya dengan mengadakan patroli dialogis, memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mewujudkan Pemilu damai menuju Indonesia Maju,” tuturnya, Kamis (26/10/2023).

Tak lupa, Kompol Agus mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan pesta demokrasi lima tahunan ini sebaik-baiknya, menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik yang dapat mengganggu penyelenggaraan Pemilu.

“Jangan sampai ada benturan-benturan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan, maka dari itu kita menyegerakan agar personil siaga di tempat-tempat yang sudah kami petakan.” tegasnya. (Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS