, (Ronggo.id) – Warga Desa Cekalang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban curhat soal kerusakan jalan dampak dari aktifitas truk muatan tambang pasir yang berada di Desa Wadung, Kecamatan Soko.

Hal itu disampaikan oleh KH Ali Shadiqin yang juga tokoh masyarakat Desa Cekalang dihadapan jajaran Pejabat Utama saat momen Jumat Curhat yang dilaksanakan di Kafe Kampung Bambu, Desa Sokosari, Jumat (26/5/3023).

Hadir dalam Kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Andi Hartanto, Ketua IPSI Kabupaten Tuban, Forkopimka, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama serta pengurus perguruan silat se-Kecamatan Soko.

KH Ali Shadiqin meminta kepada pihak pemilik tambang maupun pemerintah daerah agar kondisi jalan yang rusak segera diperbaiki sehingga tidak membahayakan pengendara yang melintas

“Kami tidak menuntut truk-truk tambang tidak melintas, karena mereka juga mencari makan. Namun Kita meminta supaya pemilik tambang maupun pihak dinas terkait memperbaiki jalan yang sudah rusak,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menghimbau kepada pengemudi  maupun penguna jalan yang kebetulan lewat di jalur tersebut agar lebih waspada supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Selama ini belum ada kecelakaan yang ditimbulkan oleh truk tambang, tetapi Kami berharap pengguna jalan berhati hati,” tuturnya.

Ditempat yang sama, KBO Satlantas Polres Tuban, Iptu Sampir Santoso menyampaikan, jika perbaikan kerusakan jalan merupakan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman.

Kendati demikian, pihaknya mewanti-wanti kepada pengelola tambang atau pemilik armada supaya tidak mengangkut material berlebihan yang dapat membahayakan masyarakat.

“Pemilik tambang atau pemilik armada Kami himbau untuk memuat hasil tambang sesuai kapasitas kendaraan,” tegasnya.

Lebih lanjut, ujar Iptu Sampir, tak menutup kemungkinan Satlantas Polres Tuban akan menindak kendaraan-kendaraan tersebut apabila ditemukan pelanggaran.

“Semua keluhan masyarakat akan Kami tampung, dan ditindaklanjuti,” tutupnya. (Ags/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS