Ronggo.id – Menjelang dan selama Pilkada Serentak 2024 di , ketegangan politik mungkin meningkat, namun penting untuk memastikan bahwa pesta demokrasi tetap berlangsung damai dan berintegritas.

Seruan moral ini disampaikan oleh Panwascam Palang dalam acara Sosialisasi Pemilihan Serentak 2024 dan Deklarasi Pilkada Damai dan Berintegritas yang diadakan pada Kamis (29/8).

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan di Pendapa , dihadiri oleh anggota panwascam, panitia pemilihan kecamatan (PPK), wakil dari organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, serta tokoh masyarakat.

Sebelum deklarasi damai ditandatangani, peserta sosialisasi mendapatkan pembekalan dari , Duryuti. Materi yang disampaikan berfokus pada peran stakeholder di tingkat kecamatan dalam menjaga proses demokrasi agar pemilihan serentak berjalan damai.

Dwi Setiyawan, pembina Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban, juga menyampaikan materi. Ia menjelaskan bahwa media massa tidak hanya berfungsi untuk edukasi masyarakat, tetapi juga berperan sebagai ‘mata pena’ yang dapat berfungsi sebagai alat kontrol yang efektif terhadap kontestan pemilu, pemerintah, dan pemangku kepentingan.

“Informasi dari media juga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan oleh stakeholder,” jelas Dwi, yang juga merupakan pemred Jawa Pos Radar Tuban.

Ketua Panwascam Palang, Andi Putra Pratama, menegaskan bahwa sosialisasi dan deklarasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai peran dan tanggung jawab pemerintah, pengawas, penyelenggara, media, serta masyarakat dalam pemilihan serentak.

“Deklarasi pilkada damai dan berintegritas ini merupakan langkah penting untuk menjaga marwah demokrasi yang baik,” tandasnya.

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: