, () – Pemerintah Kabupaten Tuban menebar janji peningkatan alokasi anggaran hibah untuk Pramuka Kwatir Cabang Tuban tahun 2025. Peningkatan anggaran tersebut disampaikan langsung oleh , setelah menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 di GOR Rangga Jaya Anoraga, Selasa (14/8/2024).

sapaan akrab Bupati Tuban tersebut mengatakan, penambahan alokasi tersebut merupakan sebuah bentuk apresiasi Tuban kepada Pramuka Kwatir Cabang Tuban dimana semua anggotanya telah menunjukkan semangat dan kontribusi yang nyata bagi pembangunan Kabupaten Tuban.

“Pramuka Tuban mampu menorehkan prestasi yang membagakan dan mengharumkan nama Kabupaten Tuban. Salah satunya, keberhasilan penyelenggaraan Jambore ke-11 Provinsi di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo, beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Bupati Tuban tersebut mengatakan, pola pendidikan yang diterapkan pada gerakan Pramuka tersebut sangat lengkap. Anggota Pramuka mendapat pendidikan mencakup aspek bela negara, kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial, budaya, teknologi informasi, religius, hingga pengembangan soft skill dan leadership.

Ia menambahkan, siap berkolaborasi dengan Pramuka untuk menyediakan pendidikan bagi anggota Pramuka berprestasi maupun mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Ayo kita optimalkan potensi diri melalui kegiatan Pramuka ini, kedepannya semoga kegiatan tersebut dapat dilakukan lebih intens. Karena Pramuka menjadi wadah pengkaderan bagi calon pemimpin di masa mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, ketua Kwarcab Tuban, Kacuk Karsono menjelaskan pihaknya terus mendorong anggota Pramuka terus berkontribusi memberikan karya terbaik dan menorehkan prestasi setinggi-tingginya. Hingga pertengahan Agustus 2024, sebanyak 1.050 anggota telah termasuk kategori Pramuka Garuda pada berbagai jenjang.

“Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega,” ujar Kacuk.

Tak lupa, Kacuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemkab Tuban terhadap kegiatan kepanduan di Kabupaten Tuban. Menjawab kepercayaan yang diberikan, Kwarcab Tuban akan terus mengembangkan kemampuan anggotanya pada berbagai kegiatan.

“Ini menjadi pelecut bagi Kwarcab Tuban dan ranting-ranting untuk berkontribusi dengan lebih maksimal,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: