, (Ronggo.id) – Pohon beringin yang berada di simpang 3 di Desa / , Kabupaten Tuban tiba-tiba mengeluarkan kepulan asap dan api. Hal itu menghebohkan warga setempat, Minggu (23/7/2023).

Kepala Desa Grabagan, Marlin mengatakan, kejadian tersebut diketahui oleh warga seusai sholat subuh. Awalnya hanya kepulan asap namun tiba-tiba pohon beringin berukuran besar itu mengeluarkan api.

Kuatir merembet ke pemukiman warga, ia lantas menghubungi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Kasatpol-PP dan Damkar) Tuban untuk membantu memadamkan api.

“Warga sudah berusaha memadamkan, karena peralatan yang digunakan tidak memadai sehingga api masih terus menyala,” kata Marlin.

Sementara itu, Camat Grabagan Tholikan mengungkapkan, bahwa kepulan asap dan api yang muncul dari pohon beringin yang merupakan icon di Kecamatan Grabagan ini bukan fenomena aneh. Melainkan diduga karena keteledoran warga.

“Kebetulan setiap malam dibawah pohon ini ada penjual sate. Mungkin bekas arang yang masih panas dibuang dibawah kemudian membakar akar yang kering dan menjalar masuk kedalam,” bebernya.

Terpisah, Kasatpol-PP dan Gunadi menjelaskan, usai mendapat laporan, pihaknya langsung menerjunkan personil untuk melakukan upaya pemadaman, dibantu unsur TNI, Polri, pemerintah desa serta tim dari kecamatan.

“Kami kerahkan 1 unit armada dari Pos Rengel dibantu 1 unit armada dari BPBD Tuban,” terangnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Tuban itu menyebut, tak berselang lama api yang telah merembet dan membakar ranting pohon beringin tersebut akhirnya berhasil dijinakan.

“Setelah itu dilanjutkan dengan pembasahan untuk memastikan agar tidak ada sisa-sisa api yang menyala,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: