, () – Seorang pria di Tuban terpaksa diamankan oleh petugas kepolisian lantaran mengamuk dan mengacungkan hingga membuat masyarakat di sekitar Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban Resah.

Pria yang diduga mengalami gangguan jiwa tersebut harus digelandang petugas di Mapolsek Soko setelah mengamuk dan mengacungkan sebilah keris kepada warga yang sedang beraktifitas di lapangan desa setempat, Minggu (7/5/2023).

Kapolsek Soko, AKP Khoirul Amad melalui Kanit Reskrim , Aiptu Prasetyo Budi menuturkan, jika pria yang mengamuk dengan membawa keris tersebut diketahui bernama Kamin (57), warga Dusun Bongjo, Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel.

“Alhamdulillah, orang yang sempat meresahkan warga itu sudah Kami amankan Mapolsek Soko,” ujar Aiptu Prasetyo Budi saat dikonfirmasi Ronggo.id, Senin (8/5/2023).

Kamin ini, lanjut Aiptu Prasetyo Budi, merupakan warga yang diduga menderita gangguan jiwa dan terpaksa diamankan petugas setelah mengamuk menggunakan senjata tajam berupa sebilah keris di sekitar lapangan Desa Desa Sokosari. Warga yang resah kemudian melaporkan hal itu kepada anggota Polsek.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat bahwa dia (Kamin.Red) mengamuk di lapangan dengan membawa keris. Tapi saat Kami datang ke lokasi, kerisnya sudah diletakkan didalam jok sepeda motor,” katanya.

Bukan hanya kali ini, pria yang diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) tersebut telah sering kali mengganggu dan menakut-nakuti warga dengan menggunakan senjata tajam, khususnya terjadi di wilayah Kecamatan Rengel dan Soko.

Ia berpesan kepada pihak keluarga dan dan pemerintah Desa agar memberi perhatian khusus kepada warganya yang mengalami gangguan jiwa. Hal ini diharapkan agar tidak menimbulkan keresahan dikalangan masyarakat Resah.

“Khususnya kepada pihak keluarga. Jika memiliki anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa agar lebih diperhatikan, sehingga tidak menimbulkan keresahan masyarakat,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, heboh aksi pria bertopi mengamuk di tengah jalan raya, tepatnya di simpang tiga Dusun Gandu, Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, peristiwa itupun viral di media sosial Facebook.

Dari rekaman video yang beredar, pria tersebut nampak menenteng sebilah parang sembari menghalau sejumlah kendaraan. Bahkan mencoba mengejar para pengendara yang hendak melintas.

Alhasil, demi menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, tak sedikit pengendara, baik roda dua maupun roda empat memutuskan untuk putar balik.

Usut punya punya usut, pria tersebut diduga merupakan Orang Dalam Gangguannya Jiwa (ODGJ) yang diketahui bernama KM, warga Kecamatan Rengel. Hal itu disampaikan Kapolsek Soko, IPTU Ahmad Khoirul.

“Kejadiannya baru kemarin (Minggu, 5/6), dan memang sudah dua kali melakukan aksi seperti itu di lokasi tersebut,” jelas Kapolsek Soko saat dikonfirmasi melalui panggilan telepon, Senin (6/6/2022) lalu. (Ags/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: