, () – Sejumlah siswa melaksanakan kegiatan bagi-bagi takjil di depan gedung sekolah di Jalan Veteran, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/ Kabupaten Tuban, Sabtu (8/4/2023) sore.

Didampingi guru dan komite sekolah, para siswa dengan mengenakan busana muslim nampak antusias membagikan takjil kepada pengguna jalan.

Uniknya, dalam kesempatan itu sebagian siswa tak henti-hentinya memainkan alat musik tongklek yang membuat kegiatan tersebut terlihat lebih semarak.

Salah seorang guru SDN Kutorejo 1, Ulfa Rosdiana mengungkapkan, aktivitas berbagi menu berbuka ini sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa empati sejak dini, serta mengharap keberkahan di bulan suci ramadan.

“Tujuannya untuk melatih anak-anak berbagi dan menebar kebaikan kepada sesama di bulan ramadhan. Sehingga anak-anak tahu makna dari bulan ramadan itu sendiri,” ungkapnya.

Bu guru ramah itu menjelaskan, kegiatan yang dimulai pukul 16.00 Wib ini diikuti oleh seluruh siswa, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Kemudian dilanjutkan berbuka puasa serta sholat tarawih bersama yang digelar di musola sekolah.

“Karena tempatnya terbatas, maka sholat tarawih hanya dikhususkan untuk kelas 5 dan 6 saja,” terangnya.

Disinggung soal iringan alat musik tongklek, pengajar di kelas 5 itu menyebut, bahwa tongklek merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler siswa. Harapannya bisa lebih menggugah semangat para siswa saat membagikan takjil.

“Kebetulan di sekolah ini ada ekstrakurikuler tongklek, sehingga Kita manfaatkan untuk memeriahkan, sekaligus untuk menghibur pengguna jalan yang melintas,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: