Bagi sebagian umat muslim, merupakan hal wajib yang tidak boleh ditinggalkan, meski tetap menjalankan aktivitas dengan . Namun, seringkali energi kita sedikit lebih terkuras karena sembari menahan haus dan lapar, sehingga berujung pada rasa malas.

Agar tetap semangat dalam menjalankan aktivitas meski sedang menjalani ibadah puasa, berikut tujuh tips dari British Council dan Monster Gulf yang bisa dilakukan untuk terus menjalankan puasa sembari bekerja.

Nah, yang bisa dilakukan agar tetap kuat dan semangat selama bekerja sambil berpuasa, berikut tips agar kuat menjalankan ibadah puasa :

  1. Mantapkan niat dan tekad

Pertama dan utama adalah memantapkan niat serta tekad untuk menjalani hari dengan semangat. Meskipun mungkin menghadapi banyak tantangan selama puasa, kita harus berusaha selalu memotivasi diri untuk semangat.

  1. Makan sahur secukupnya

Selanjutnya adalah perhatikan menu yang disantap saat sahur. Pilihlah menu dengan gizi yang seimbang dan tidak berlebihan selama sahur. Makan berlebihan saat sahur justru akan membuat kita mengantuk dan tidak berenergi.

  1. Hindari kafein

Kafein mungkin sering diandalkan sebagai pencegah rasa kantuk di hari-hari biasa. Tapi selama Ramadan, sebaiknya kita menghindari konsumsi kafein saat sahur atau pun berbuka. Pasalnya, kafein dikhawatirkan bisa membuat perut sakit dan mual.

  1. Perhatikan waktu tidur

Waktu tidur juga harus diperhatikan agar bisa terus semangat dalam bekerja. Cobalah untuk tidur lebih awal agar kita juga tidak kesulitan untuk bangun sahur. Kemudian, usahakan jangan tidur lagi setelah sahur dan salat Subuh karena bisa membuat kita merasa lesu.

  1. Olahraga

Alih-alih tidur, waktu setelah salat Subuh bisa dimanfaatkan untuk olahraga atau aktivitas fisik lain. Pilihan aktivitas ini bisa melepaskan endorfin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood sehingga kita menjadi lebih semangat menjalani hari. Namun, hindari olahraga berat seperti lari dan angkat beban dan batasi waktunya maksimal 60 menit.

  1. Selipkan aktivitas lain saat bekerja

Karena sedang berpuasa, waktu istirahat bekerja bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lain agar tetap semangat dan tidak bosan selama di kantor. Manfaat semua fasilitas yang mendukung kita agar tetap fresh. Bisa juga memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur singkat selama 20-30 menit.

  1. Membuat list to do

Mungkin ada beberapa dari kita yang jam kerjanya berkurang selama Ramadan, tapi bebannya tetap sama. Jadi list to do akan membantu kita untuk mengerti pekerjaan apa saja yang harus diselesaikan dalam satu hari dan patuhi daftar tersebut.

Semoga tujuh tips di atas bermanfaat dan dapat menjadikan setiap insan lebih kuat dalam menjalankan ibadah puasa, meski harus tetap melakukan aktivitas bekerja.

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: