, () – Dalam rangka meningkatkan etos kerja dan kapasitas ASN, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban harus paham manajemen ASN.

Hal itu disampaikan , Budi Wiyana saat memberikan Sosialisasi Manajemen ASN kepada seluruh pegawai, yang berlangsung di Pendopo Krida Manunggal Tuban, Senin (26/12/2022).

Kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama dua hari tersebut turut menghadirkan pemateri dari Badan Kepegawaian Nasional Kantor Wilayah Jawa Timur.

Dalam pemaparanya, Budi Wiyana menekankan pimpinan OPD harus benar-benar memahami manajemen ASN di unit kerja masing-masing, mencakup perencanaan, pengelolaan serta evaluasi sumberdaya manusia.

Selain itu, sesuai arahan agar semua OPD intens menjalin komunikasi dan koordinasi dengan instansi diatasnya. Tujuannya untuk mengetahui program kerja, regulasi maupun kebijakan terbaru.

Dimaksudkan agar program kementerian maupun Pemerintah Provinsi dapat disinkronisasi dengan program .

“Dengan demikian program-program tersebut bisa dikerjakan di Kabupaten Tuban dan mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut, target capaian kinerja yang ditetapkan hendaknya dapat dioptimalkan tiap unit kerja. Target tersebut menjadi tolok ukur keberhasilan sekaligus evaluasi atas kinerja OPD tersebut.

Menyongsong tahun anggaran 2023, Sekda Budi Wiyana mengingatkan agar seluruh ASN mampu meningkatkan kinerja. Pengalaman di tahun 2022 menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran perbaikan di tahun mendatang.

“Pengembangan kompetensi menjadi salah satu modal bagi ASN untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya,” tegas Sekda.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua KORPRI ini juga berpesan supaya seluruh ASN mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh selama dua hari mendatang. Materi yang disampaikan harus dapat diserap dan diterapkan di unit masing-masing.

“Tolong didengarkan dan diterapkan, sehingga kedepan SDM di lingkungan Pemkab Tuban bisa semakin baik guna meningkatkan mutu kualitas pelayanan kepada masyarakat Tuban,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: