, (Ronggo.id) – Personil kepolisian patut berbangga diri, Pasalnya Masjid Baitul Mu’min yang berada di komplek Mapolres Tuban berhasil meraih predikat Juara 1 Masjid Sehat dan Bersih se-Jawa Timur.

Penghargaan prestisius itu didapat dalam ajang Masjid Award Provinsi Jawa timur tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Yayasan Dewan Masjid Indonesia (Demasindo) Jawa timur, Rabu (14/12/2022).

Sebelumnya, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tuban mengirimkan sebanyak 4 nominasi dalam ajang Masjid Award tersebut, diantaranya Masjid Agung Tuban dengan kategori arsitektur masjid terbaik dan bersejarah.

Kemudian, Masjid Manarul Walidain Bina Anak Sholeh (BAS) Tuban dengan kategori pemberdayaan ekonomi Masjid terbaik, Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban dengan kategori sehat dan bersih, serta Masjid Besar Husnul Khotimah Merakurak kategori manajemen Masjid terbaik.

Ketua Takmir Masjid Baitul Mu’min, AKP Chakim Amrullah, menyampaikan, bahwa tim juri dari Dewan Masjid Prov Jatim turun langsung untuk melakukan penilaian terhadap masjid-masjid yang telah ditunjuk.

Dari 4 nominasi, 2 diantaranya, yakni Masjid Baitul Mu’min dan Masjid Besar Husnul Khotimah lolos tahap selanjutnya yaitu tahap presentasi. Dan bersaing dengan 5 masjid lainya di masing-masing kategori.

“Awalnya ada 4 perwakilan dalam 4 kategori Masjid yang ditunjuk oleh PD DMI kabupaten Tuban, 2 diantaranya masuk 6 besar dan Alhamdulillah Masjid Polres Tuban dapat juara 1 kategori Masjid Sehat dan Bersih se-Jawa timur,” tutur AKP Chakim, Kamis (15/12/2022).

Dalam hal ini, Masjid dua lantai dengan corak khas Timur Tengah tersebut berhasil mengungguli 5 masjid lainnya, yaitu Masjid Bani Solan Kabupaten Magetan, Masjid Jami Baitus Salam Kabupaten Gresik, Masjid Al-Fattah Kabupaten Tulungagung, Masjid Putih Daarusshalikhin Kota Batu, serta Masjid Mujahidin Kota Madiun.

Sementara, Masjid Besar Husnul Khotimah kecamatan Merakurak meraih Juara 2 kategori manajemen Masjid terbaik.

Masih kata AKP Chakim, dengan predikat yang baru saja diraih, kedepanya kualitas kebersihan masjid akan lebih ditingkatkan, dengan menggandeng pihak yang berkompetan dalam mengelola kebersihan masjid.

“Sebagai upaya antisipasi jika nanti ditunjuk mewakili Jawa Timur dalam ajang Masjid Award tingkat Nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya mengaku bangga dan mengapresiasi penghargaan yang baru saja diraih Masjid Baitul Mu’min. Diharapkan predikat Masjid Bersih dan Sehat mampu menumbuhkan motivasi Personel Polres Tuban, khususnya yang beragama Islam untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Semoga dengan predikat ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin semangat dalam memakmurkan Masjid,” harap Perwira asal Banyuwangi itu.

Diketahui Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban berdiri tanah seluas 20x25m² yang diperkirakan mampu menampung 700 hingga 800 jamaah dalam kondisi Normal. Pembangunan Masjid 2 lantai dengan Interior dan ornamen timur tengah serta dominan full marmer tersebut digagas mantan Kapolres Tuban periode 2020-2021, AKBP Ruruh Wicaksono.

Sebelum diresmikan pada 8 Mei 2021 silam, proses pembangunan Masjid Baitul Mu’min memakan waktu 8 bulan lamanya dengan biaya lebih dari 7 milyar yang berasal dari partisipasi sejumlah pihak, termasuk sumbangsih dari personil Polres Tuban. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: