, () – Kabupaten Tuban, Jawa Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang terkenal dengan julukan seribu goa itu, memang memiliki wisata goa yang memukau. Seperti yang sudah ronggo.id rangkum, berikut 5 destinasi wisata goa di Tuban yang patut untuk dikunjungi dan menjadi surganya traveler.

  1. Goa Akbar

Goa Akbar merupakan satu – satunya goa yang terletak di pusat Kota Tuban, tepatnya di bagian bawah pasar baru Tuban. Terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding membuat goa ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Goa Akbar buka setiap hari pukul 07.00 – 18.00 waktu setempat. Dengan harga tiket masuk Rp 4.000 saja dan untuk weekend Rp 10.000 per orang, anda sudah bisa memasuki wisata goa ini.

Goa yang memiliki lorong berkelok sepanjang 1,2 km dan diperkirakan sudah berusia 20 juta tahun. Bisa dikatakan 20 juta tahun yang lalu karena ditemukan sejumlah fosil binatang laut seperti kerang yang terdapat di batu – batu dan di dinding goa.

Ketika memasuki tempat ini anda akan disambut relief- relief yang menceritakan sejarah Tuban, termasuk juga penyebaran agama di Tuban, dan budaya Tuban. Selain itu, goa ini juga memiliki sumber mata air alami bernama Kedung Tirta Agung. Konon goa ini merupakan tempat perkumpulan para wali songo dan tokoh besar zaman dahulu.

Di dalam goa ini juga terdapat banyak stalagmit dan stalaktit yang terus menerus meneteskan air. Di sana terdapat pula penangkaran beberapa hewan yang memang sengaja dibangun untuk tujuan edukasi.

  1. Goa Kancing

Goa Kancing terletak di Desa Jarum, Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Goa ini buka setiap hari pukul 05.30 sampai dengan 18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000 per orang.

Sebenarnya goa kancing ini merupakan luang yang mirip dengan sumur dengan kedalaman sekitar 5 meter. Dibagian samping goa juga terdapat cekungan yang tidak terlalu dalam. Namun, pesona dari goa ini bukan terletak dari lubang tersebut, melainkan pada dua tebing batu yang berdiri kokoh tepat berada di atas mulut goa.

Tebing – tebing tersebut juga begitu megah. Seringkali wisatawan yang berkunjung berswafoto dengan latar dua tebing gagah tersebut. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi goa ini pada waktu sunrise dan sunset, karena di sekitar goa ini juga terdapat bukit yang membuat suasana di sekitar tempat ini terasa sangat sejuk.

  1. Goa Suci

Goa Suci terletak di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Berbeda dari kebanyakan goa lainya, goa yang satu ini merupakan goa buatan manusia karena dari bentuknya terlihat seperti dipahat. Goa yang dibuat sejak zamandahulu ini, terdapat angka jawa 1026 yang menunjukkan tahun pembuatan pahatan goa tersebut.

Konon, goa suci ini ditemukan sejak tahun sekitar 70 an dengan kedalaman sekitar 14 meter. Atapnya berupa kerucut dan berlubang dengan dinding goa berundak – undak. Bagian dalam goa cukup luas dan biasa dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto.

  1. Goa Ngerong

Goa Ngerong terletak di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini merupakan salah satu goa yang paling populer di Kabupaten Tuban. Berkunjung ke goa ini bisa melakukan berbagai aktivitas, yaitu mengarungi goa sepanjang 1,8 km dengan menggunakan perahu karet.

Goa yang buka pukul 08.00 – 16.00 WIB itu memiliki julukan goa kelelawar, karena memiliki banyak sekali kelewar yang hidup di dalam goa. Tiket yang dibandrol Rp 3.000 ini memiliki sungai yang bisa digunakan wisatawan untuk memberi makan ribuan ikan atau sekedar digunakan terapi ikan.

  1. Goa Putri Asih

Goa putri asih terletak di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Goa ini memiliki ciri khas stalagtit dan stalakmit yang indah berwarna agak kemerahan.

Memasuki goa anda akan disambut mutiara goa dengan ornamen yang terbentuk secara alami pada saat kerikil terselimuti mineral kalsit pada lantai goa. Area ini akan tampak cantik bila terkena cahaya. Tak heran, orang – orang menyebutnya sebagai cahaya surga. Untuk dapat mengunjungi wisata goa ini, anda bisa mengunjungi pada pukul 08.00 – 16.00 waktu setempat, dengan harga tiket masuk 10.000 saja.

Itulah beberapa destinasi wisata goa yang berada di Kabupaten Tuban yang layak untuk dikunjungi. Jangan lewatkan, momen liburan ini. Segera amankan jatah liburanmu, untuk pergi liburan berasa orang terdekat anda.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS